Headline News

header-int

Dinas Pariwisata Adakan Pelatihan Snorkeling

Senin, 25 November 2019, 18:02:06 WIB - 49 | Kontributor : Elfi Mahyuni, SH
Dinas Pariwisata Adakan Pelatihan Snorkeling

Pesisir Selatan -Sebanyak 20 orang pemuda di Kawasan Mandeh dan Painan mendapatkan pelatihan pemandu wisata snorkeling (Selam Dangkal). Pelatihan ini dilaksanakan selama 4 hari semenjak Senin (25/11) hingga Kamis (28/11) di Kawasan Mandeh. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga melalui dana Alokasi Khusus (DAK).

Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel Devitra Senin(25/11) mengungkapkan kegiatan ini dilakukan karena Kawasan Pessel memiliki potensi yang cukup besar,salah satunya wisata bawah laut yang cukup indah. Bahkan di Kawasan Mandeh dan Pantai Cerocok Painan memiliki banyak lokasi snorkeling yang cukup indah yaitu Pulau Cubadak,Sironjong Ketek,Pulau Marak dan beberapa lokasi lainnya.

Latihan sebagai pemandu wisata adalah bagian upaya preventif untuk meningkatkan kepedulian para wisatawan agar tetap menjaga kelestarian alam yang ada di sekitarnya. 

Sehingga menambah keindahan dan terumbu akan tetap lestari serta tidak cepat rusak dari tangan-tangan jahil wisatawan yang tidak bertanggung jawab

"Tujuan pelatihan ini agar pemuda Kawasan Mandeh dan Kawasan Cerocok Painan memiliki kemampuan menjadi pemandu  yang andal sehingga mampu menjadi pemandu yang andal dan profesional,pemenuhan kebutuhan akan pemandu wisata," ujarnya .

Dijelaskannya pelatihan bagi pelaku utama dilatar belakangi tujuan bersama untuk bisa mencegah, melindungi sekaligus meminimalisir adanya kerusakan terumbu karang di kawasan obyek wisata .Pada umumnya warga yang mengikuti pelatihan adalah mereka yang sudah sering mendampingi wisatawatawan untuk menyelam (snorkeling) guna melihat terumbu karang  yang ada di dasar laut.

"Dengan mengetahui teknik snorkeling yang baik, kantanya, akan mampu meminimalisir terjadinya kerusakan terumbu karang di dasar laut. Profesi pemandu wisata, khususnya dalam hal snorkeling juga akan turut berkembang tanpa di iringi kerusakan terumbu karang," ujarnya

Materi yang disampaikan dalam pelatihan Guide antara lain meliputi fungsi dan peranan terumbu karang, Standar Operasional Prosedur (SOP) snorkeling, SOP pemandu wisata, adab pemandu wisata, mind setting pemandu wisata,  tips menjadi pemandu wisata yang baik, teknis dasar intepretasi dan sapta pesona. Teknik penyampaian materinya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan metaode latihan atau praktek langsung di lapangan.

"Nantinya para pemandu snorkeling ini  untuk bisa digunakan oleh mereka sebagai pemandu wisata bawah air(Underwater) atau menjadi pelatih  bagi masyarakat lainnya, mereka dilatih oleh intruktur yang berpengalaman" ujarnya(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube