Headline News

header-int

Dinas Pariwisata Gelar Forum OPD

Rabu, 22 Februari 2023, 09:35:45 WIB - 361 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Dinas Pariwisata Gelar Forum OPD

Pesisir Selatan - Dalam rangka menyusun rencana kerja (Renja) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tahun 2024, Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Selatan menggelar Forum OPD (Organisasi Perangkat Daerah), pada Rabu (22/2) di Hotel Hannah Painan .

Hadir dalam acara tersebut  Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga,Perwakilan OPD,Kelompok Sadar Wisata,Kelompok Pemuda dan Pelaku Usaha Wisata. 

Kepala Dinas Pariwisata  Pemuda dan Olahraga Pessel Suhendri  mengatakan agenda ini rutin dilakukan sebelum musyawarah perencanaan pembangunan tingkat kabupaten dilaksanakan. 

“Forum OPD ini untuk mensinkronkan kegiatan usulan dalam Musrenbang tingkat Kecamatan yang telah dilaksanakan, dan diprioritaskan pada Renja OPD Dinas Pariwisata.  Adanya Permendagri nomor 90 tahun 2019 yang memuat beberapa perubahan yang sangat signifikan karena adanya penggabungan kegiatan menjadi lebih sederhana perlu juga dicermati bersama.” ungkapnya.

Menyampaikan bahwa pariwisata  merupakan hal yang cukup menjadi perhatian penting bagi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan. “Dengan memperhatikan tiga prinsip kepariwisataan yaitu pariwisata berbasis budaya, pariwisata berbasis masyarakat, pariwisata berbasis lingkungan, hendaknya dapat menarik masyarakat untuk dapat berkontribusi dalam rangka peningkatan kepariwisataan di Kabupaten Pesisir Selatan” . 

Menambahkan  Dinas Pariwisata saat ini mengusung konsep Pentahelix untuk pengembangan sektor pariwisata. Sebab, pentahelix merupakan konsep pembangunan, dimana unsur akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media bekerjasama untuk mencapai peningkatan dan percepatan pembangunan dibidang pariwisata.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan diskusi untuk menampung semua usulan dan saran demi perbaikan pariwisata Kabupaten Pessel dimasa yang akan datang. (07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube