Headline News

header-int

Dinas Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga Bakal Kembangkan Wisata Gunung Rajo, Pulau Rajo Dan Pulau Puti

Rabu, 21 Agu 2019, 09:19:45 WIB - 35 | Kontributor : Marlison
Dinas Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga Bakal Kembangkan Wisata Gunung Rajo, Pulau Rajo Dan Pulau Puti

Pesisir Selatan-Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan bakal mengembangkan tiga objek wisata potensial yaitu Gunung Rajo Surantih, Kecamatan Sutera, Pulau Rajo dan Pulau Puti Inderapura, Kecamatan Pancung Soal sebagaimana instruksi bupati beberapa waktu lalu. Hal itu dikatakan Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pessel, Hadi Susilo, Rabu (21/8).

Disebutkan, Kampung Pasia Samudera, Kecamatan Sutera menyimpan potensi pariwisata Gunung Rajo yang telah lama dikenal, namun sejauh ini belum tergarap maksimal.

Untuk mengembangkan objek wisata Gunung Rajo, maka perlu dukungan masyarakat serta peningkatan ruas jalan, sehingga memudahkan wisatawan mengakses objek wisata tersebut.

"Ya, instruksi bupati adalah Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga untuk melakukan peninjauan lapangan guna memetakan langkah-langkah yang diperlukan untuk memajukan objek wisata Gunung Rajo," katanya.

Kemudian lanjutnya, dua objek wisata potensial di Kecamatan Pancung Soal yaitu Pulau Rajo dan Pulau Puti juga akan dikembangkan. Langkah itu akan diawali dengan pembangunan jembatan permanen Muaro Sakai-Pasir Ganting yang juga telah lama dirindukan masyarakat.

"Ya, pembangunan jembatan permanen Muaro Sakai-Pasir Ganting juga bertujuan mengembangkan potensi pariwisata yaitu Pulau Rajo dan Pulau Puti yang terdapat daerah itu," ungkapnya.

Dikatakan, Kecamatan Pancung Soal tidak hanya memiliki potensi yang besar di sektor perkebunan kelapa sawit, akan tetapi juga memiliki potensi pariwisata yang bisa dikembangkan yaitu Pulau Rajo dan Pulau Puti serta Pantai Pasir Ganting.

Bahkan, di kecamatan ini juga terdapat bukti-bukti sejarah Kerajaan Inderapura yang juga mesti digali untuk kepentingan daerah, wisata budaya dan membangkitkan nilai-nilai budaya di tengah-tengah masyarakat. (03)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube