Headline News

header-int

Dinas Pariwisata Tambah Tong Sampah di Kawasan Wisata

Senin, 20 Mei 2019, 20:15:32 WIB - 1229 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Dinas Pariwisata Tambah Tong Sampah di Kawasan Wisata

Pesisir Selatan -- Masalah kebersihan dan sampah menumpuk akan menjadi hal penting yang harus diperhatikan ketika tingginya lonjakan pengunjung ke Kawasan Wisata. Karena itu Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga akan menambah jumlah tong sampah dan alat kebersihan lainnya. 

"Untuk Libur lebaran ini kita akan tambah beberapa unit tong sampah di beberapa Kawasan Wisata diantaraya di Kawasan Mandeh seperti di Pulau Setan, Sei Nyalo dan Kawasan Pantai Carocok Painan," ujar Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Hadi Susilo Senin(20/5)

Menurutnya Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga selalu mengajak masyarakat di daerah untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kawasan objek wisata di kabupaten itu agar terlihat tetap rapi dan indah. 

"Objek wisata yang indah dan menawan, namun apabila kebersihannya tidak terjaga dengan baik maka akan hilang keindahannya, apalagi bagi wisatawan yang ingin mengabadikan keindahan gambar" katanya 

Mengatakan, kebersihan merupakan salah satu pemikat bagi calon wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata tersebut. Apabila kebersihannya terjaga maka pengunjung akan ramai dan betah berlama lama di kawasan itu.

"Maka dari itu dukungan penuh dari masyarakat sangat diharapkan agar kawasan wisata kita selalu ramai dikunjungi wisatawan dan pada akhirnya juga akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar," katanya.

Pihaknya sudah berupaya menjaga kebersihan pantai dan objek wisata di kabupaten itu dengan menugaskan sejumlah petugas kebersihan pada objek-objek wisata yang sudah terkenal dan menjadi andalan kabupaten itu.

"Mengandalkan petugas kebersihan juga tidak cukup tanpa dibarengi dengan kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan keindahan objek wisata tersebut," katanya.

Untuk membuat para pengunjung merasa nyaman berada di kawasan wisata itu, maka kebersihan harus selalu dijaga.

"Apabila kawasan wisata kita berbau tidak sedap dengan sampah yang berserakan maka dapat dipastikan pengunjung pantai akan terganggu atau merasa tidak nyaman," katanya. 

Juga mengimbau sebagai warga yang sadar akan potensi wisata daerah tentu bisa menjaga kebersihan agar kunjungan wisata terus berlanjut.

"Mari kita bersama peduli dengan kebersihan objek wisata di daerah ini agar semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Pessel," katanya.(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube