Headline News

header-int

Dinas Perhubungan, keberadaan Pelabuhan Panasahan dongkrak ekonomi masyarakat

Senin, 18 Feb 2019, 12:50:33 WIB - 34 | Mario Rosy

Pesisir Selatan 18 Februari 2019 - Rencana Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, melalui Dinas Perhubungan Pessel menjadikan pelabuhan Panasahan sebagai salah satu barometer lokasi perdagangan, nantinya bisa berpengaruh pada Ekonomi Masyarakat. Senin (18/2).

Melalui Kementerian Perhubungan tahun ini akan mengucurkan dana Rp. 37 Miliar untuk pengembangan Pelabuhan Panasahan di Pessel. 

Kepala Dinas Perhubungan Pessel Gunawan menuturkan, pengembangan panasahan di daerahnya itu alokasi itu merupakan tahap pertama pengembangan, dari dua tahapan telah di rencanakan hingga tahun 2020.

Diterangkan Gunawan, tahun ini pengembangan kawasan fokus pada penambahan kapasitas dermaga yang telah ada. Yaitu penerangan disekitar kawasan pelabuhan panasahan.

" Kita, telah masukan dalam anggaran APBN tahun 2019, " ungkap Kadis Perhubungan.

Dituturkan Gunawan,  pemerintah daerah kini tengah menyelesaikan perubahan detail enginering design (DED) dan masterplant. Keduanya ditargetkan rampung sampai akhir tahun ini.

Selain itu, menyiapkan sertifikat lahan 13 Hektare  untuk kawasan darat yang dipersyaratkan kementerian. "Kalau soal Amdal telah kami siapkan. Tidak adalagi masalah," jelasnya.

Pengembangan tak hanya sampai di situ saja. Dalam masterplant, ulas Gunawan, mengakomodir kawasan pegudangan, perkantoran dan tanki timbun crude palm oil (CPO).

Seluruh komoditi dari Pesisir Selatan dan Bengkulu yang diangkut melalui Teluk Bayur dikapalkan di Panasahan.
Lebih dari itu, membuka jalur Pesisir Selatan-Mentawai.

Jalur tersebut membuka akses baru bagi perdagangan, sehingga menguntungkan kedua kabupaten, utamanya bagi Pesisir Selatan.

"Sandar kapal tentu akan lebih banyak. Pengusaha kapal dan CPO sudah banyak yang minat. Ini tentu sangat positif bagi daerah," paparnya.(01)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube