Headline News

header-int

Disdukcapil Perbaiki Pencatatan Nama Kampung dalam Aplikasi SIAK

Jumat, 13 September 2019, 16:14:08 WIB - 213 | Kontributor : Riva Endra, S.Kom
Disdukcapil Perbaiki Pencatatan Nama Kampung dalam Aplikasi SIAK

Painan, - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil lakukan perbaikan pencatatan nama kampung pada Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Sebagaimana diketahui pencatatan nama kampung pada SIAK selama ini dilakukan secara manual oleh operator pelaksana pelayanan sesuai dengan bahan pengantar yang diajukan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan sehingga memicu timbulnya kesalahan mendasar seperti perbedaan ejaan, abjad dan pemberian tanda baca terutama penulisan untuk kampung yang sama.

Menyikapi hal tersebut agar terjadinya keseragaman penulisan nama kampung maka penulisannya diserahkan kepada pengelola SIAK Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota setempat sebagaimana arahan Tim Teknis Aplikasi SIAK Direktorat PIAK Dirjen Dukcapil Kemendagri

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Dukcapil Pesisir Selatan Masril, S. Kom, M. Si, disela kegiatan Sosialiasi dan Implementasi Sistem Pemetaan Nama Kampung di Aula Pertemuan Kantor Camat IV Jurai, Kamis (12/09) mengatakan banyak terdapat perbedaan penulisan nama kampung pada satu nagari.

“Dalam aplikasi, perbedaan satu huruf saja akan menimbulkan polemik untuk itu perlu dilakukan pengentrian data pada pelayanan adminduk sesuai dengan nama kampung yang terdapat dalam Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Selatan,” Katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Penyelenggara E-Goverment Dinas Kominfo Pesisir Selatan Syafruddin menyambut baik sistem ini dan berharap agar segera dilakukan sinkronisasi antara aplikasi SIPENAMPUNG dengan aplikasi Sistem Informasi Nagari (SINAR) yang dikelola Diskominfo dalam rangka penyempurnaan program Smart Nagari yang telah berjalan.

 “Dengan tertatanya data kependudukan dalam aplikasi Sipenampung ini tentu sangat mendukung penyajian data dalam aplikasi Sinar yang digunakan oleh Pemerintahan Nagari, ” harapanya.

Dalam sosial tersebut turut hadiri Camat IV Jurai Salman Afaritsi B, S. STP, M. Si dan Kepala Bidang Penyelenggara E-Goverment Dinas Kominfo Pesisir Selatan Syafruddin, SH, M.Si, serta seluruh Wali Nagari se-Kecamatan IV Jurai berikut Operator Nagari.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube