Headline News

header-int

Disdukcapil Pesisir Selatan Cetak 24.515 e-KTP Bagi Pemilih Pemula

Rabu, 20 Maret 2019, 19:22:36 WIB - 253 | Kontributor : Didi Someldi Putra
Disdukcapil Pesisir Selatan Cetak 24.515 e-KTP Bagi Pemilih Pemula

Pesisir Selatan  - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan telah mencetak sebanyak 24.515 keping KTP elektronik bagi pemilih pemula di Pemilu serentak 2019.

"Pemilih pemula ialah warga negara yang berumur 17 tahun pada 17 April 2019 dan telah melakukan perekaman KTP elektronik," kata Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pesisir Selatan, Sartoni di Painan, Rabu.

Ia menyebutkan pencetakan KTP elektronik merupakan instruksi langsung dari pemerintah pusat melalui Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang bertujuan agar tidak terjadi kendala pada saat dilaksanakan Pemilu serentak.

Pusat menargetkan KTP elektronik itu selesai dicetak pada 20 Maret 2019, namun pada 8 Maret 2019 pihaknya telah menuntaskan semuanya.

Pencetakan dilakukan di masing-masing Unit Kerja Layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang ada di 15 Kecamatan di daerah setempat.

"Pesisir Selatan merupakan salah satu kabupaten yang menyanggupi pencetakan KTP elektronik secara mandiri karena tersedianya 19 unit mesin pencetak, sementara beberapa daerah lain ada yang menggunakan jasa pihak ketiga," katanya.

Saat ini petugas di masing-masing unit kerja layanan tengah menyebar informasi ke masyarakat yang KTP elektroniknya dicetak.

"Dalam prosesnya petugas bekerjasama dengan kepala kampung sehingga penyebaran informasi terlaksana dengan maksimal dan target akhir Maret 2019 semuanya telah didistribusikan," katanya lagi.

Mereka yang KTP elektroniknya telah dicetak diminta untuk mengambilnya secara langsung tanpa diwakilkan ke unit kerja layanan untuk dilakukan aktivasi.

Dari 24.515 keping KTP elektronik tersebut, terbanyak diterbitkan di Kecamatan Sutera yang berjumlah 2.890 keping, Koto XI Tarusan berjumlah 2.776 keping dan Linggo Sari Baganti sebanyak 2.745 keping.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube