Headline News

header-int

Distanhorbun Dorong Petani Gunakan Bibit Kelapa Sawit Bersertifikasi

Senin, 09 September 2019, 12:11:18 WIB - 326 | Kontributor : Didi Someldi Putra
Distanhorbun Dorong Petani Gunakan Bibit Kelapa Sawit Bersertifikasi

Painan - Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Nuzirwan mendorong petani di daerah setempat menggunakan bibit kelapa sawit bersertifikasi karena produktifitasnya akan lebih baik.

"Ya bibit bersertifikasi mesti digunakan karena produktifitasnya lebih terjamin dibanding bibit asalan," kata Nuzirwan, Senin (9/9).

Ia menambahkan bibit bersertifikasi bisa didapatkan dari beberapa instansi salah satunya dari Pusat Penelitian Perkebunan (Puslitbun) Medan.

"Benih sawit yang bersertifikasi selain produktifitasnya tinggi, kualitasnya juga bagus," katanya lagi.

Saat ini kata dia, separoh dari 73.000 hektare atau 36.500 total lahan perkebunan kelapa sawit milik masyarakat di daerah itu berjenis dura.

Kelapa sawit jenis dura memiliki cangkang cukup tebal, daging buah tipis dan kandungan rendemen atau minyak yang dihasilkan dari ekstraksi buah juga rendah.

Hal itu tambahnya menjadi salah satu penyebab murah dan tidak stabilnya harga tandan buah segar kelapa sawit asal daerah setempat dari tahun ke tahun.

Selain itu tandan buah segar kelapa sawit dari jenis dura juga berpotensi merusak mesin milik perusahaan kelapa sawit karena cangkangnya yang tebal.

Kendati demikian di daerah itu juga terdapat tanaman kelapa sawit unggulan jenis Pisifera dan Tenera. Tandan buah segar dari jenis ini memiliki daging buah yang tebal, cangkang kecil dan rendemennya tinggi.

Hanya saja tanaman kelapa sawit jenis tersebut cuma sedikit yang ditanam petani, hal tersebut terjadi karena minimnya pengetahuan mereka mengenai pemilihan bibit.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube