Headline News

header-int

DKP : Penambahan Tambak Bandeng Terus Dilakukan

, 07 April 2011, 01:41:00 WIB - 418 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, April----

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pesisir Selatan terus melakukan penambahan budidaya tambak bandeng didaerahnya karena pengelolaan tambak bandeng untuk umpan penangkapan ikan tuna menjadi salah satu program DKP menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di kawasan pesisir.

Kepala DKP Pessel Edwil melalui Kabid Perikanan Budidaya DKP Pessel, Zaitul Ikhlas , menyebutkan pada tahun 2009 jumlah tambak kelompok nelayan tercatat 48 buah pada lahan seluas 20 hektare di Kenagarian Ampang Pulai Kecamatan Koto XI Tarusan.

"Dan pada 2010 juga bertambah 30 tambak lagi dimana 18 tambak merupakan bantuan dari PNPM Mandiri dan 12 tambak lainnya berasal dari investor PT. Dempo yang menyewa lokasi tersebut untuk pembudidayaan ikan bandeng," tuturnya

Ia menambahkan, potensi tuna cukup besar dan perlu ketersediaan umpan jadi keberadaan tambak ikan bandeng akan sangat membantu masyarakat wilayah pesisir.

"Pessel merupakan Fishing Ground atau daerah penangkapan ikan tuna yang membutuhkan bandeng untuk umpannya, disamping sasaran selanjutnya yakni produksi ikan bandeng untuk kebutuhan konsumsi masyarakat," ucapnya.

Sedangkan, kedepan pemkab setempat berusaha bekerja bagaimana agar tambak yang sudah ada dikelola dengan maksimal oleh kelompok nelayan sehingga hasil yang diperoleh juga maksimal.

Menurutnya, potensi kelautan dan perikanan tetap dipacu dengan program unggulan pembangunan kawasan minapolitan yang terintegrasi dengan usaha penangkapan tuna yang didaratkan di Pelabuhan Bungus.

"Potensi kelautan terus diupayakan dengan menggerakkan dan memberdayakan para nelayan lokal, terutama secara bertahap melakukan modernisasi alat tangkap," pungkasnya(02

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube