Headline News

header-int

DLH Kabupaten Pessel, kembangkan hutan bakau jadi kawasan wisata

Rabu, 09 Oktober 2019, 23:47:30 WIB - 833 | Kontributor : Mario Rosy
DLH Kabupaten Pessel, kembangkan hutan bakau jadi kawasan wisata

Pesisir Selatan.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pesisir Selatan akan memanfaatkan potensi hutan bakau atau mangrove, yang berada di Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Mandeh seluas 750 hektar, menjadi kawasan wisata alam. Rabu (9/10).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pessel Jumsu Trisno, melalui Kabid Pengelolaan Sampah Limbah D3 dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan, Darpius Indra, SH ketika dikonfirmasi membenarkan jika Dinas Lingkungan Hidup Pessel berencana memanfaatkan potensi hutan bakau di Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Mandeh sebagai lokasi wisata Hutan Bakau

Potensi Hutan Bakau di KWT Mandeh cukup luas, ini yang nantinya akan kita kembangkan,” ucap Darpius.

Dikatakan Darpius, untuk menjadikan wisata hutan bakau di KWT Mandeh, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pesisir Selatan melakukan studi banding ke kampung Tengkalak, Desa Sukawarta, Perawang, Provinsi Jawa Barat, guna melihat pengelolaan dan penataan kawasan hutan bakau.

Dari hasil studi banding, ternyata secara geografis wilayah pengelolaan wisata hutan bakau di daerah tersebut tidak jauh berbeda dengan wilayah di Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan. Ada beberapa bibit bakau yang nantinya bisa dikembangkan, seperti bakau jenis api-api dan rigopuro.

“Kelompok Gempita di daerah itu cukup komit dalam mengembangkan hutan bakau,” tutur Kabid D3 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pessel.

Lebih jauh Darpius menegaskan, kawasan hutan Bakau di KWT Mandeh sangat berpotensi dapat dikembangkan sebagai lokasi wisata hutan bakau. Untuk menjadikan kawasan WHB, Dinas Lingkungan Hidup siap menjemput anggaran ke Provinsi dan Pusat. Sementara itu, jalan menuju lokasi kawasan WHB akan segera dipersiapkan.

Hal lain yang harus disiapkan adalah jembatan dan sarana prasarana pendukung lainnya. Supaya nantinya bisa mendukung pengembangan WHB di Kawasan KWT Mandeh, di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. (01).

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube