Headline News

header-int

DPMDP2KB Pessel Gelar Sosialisasi Program Inovasi Desa 2019

Jumat, 08 Mar 2019, 11:54:39 WIB - 22 | MARLISON
DPMDP2KB Pessel Gelar Sosialisasi Program Inovasi Desa 2019

PESISIR SELATAN, 8/3/2019-Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB) menggelar Sosialisasi Program Inovasi Desa Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Anggaran 2019, Jumat (8/3) di Hotel Triza Painan.

Sosialiasi itu dibuka secara resmi oleh bupati diwakili Kepala DPMDP2KB Pesisir Selatan, Hamdi dan diikuti perangkat derah, pemerintah kecamatan serta stakeholder lainnya.

Pada kesempatan itu Hamdi meminta pemerintah nagari di Kabupaten Pesisir Selatan terus berinovasi dalam mengembangkan potensi dan produk-produk unggulan yang ada di nagari dengan memanfaatkan dana desa.

"Hal itu dilakukan supaya dapat menggerakkan perekonomian masyarakat kedepannya," katanya.

Kemudian ia meminta camat melakukan pembinaan dan pengawasan dalam pelaksanaan program inovasi desa tahun 2019 di wilayah kerja masing-masing.

Selanjutnya, kepada Tim Program Inovasi Desa (TPID) agar mampu memfasilitasi tahapan pelaksanaan pengelolaan inovasi desa (indentifikasi, dokumentasi, eksposisi, replikasi dan merumuskan), ucapnya.

Dijelaskan, program inovasi desa dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas nagari melalui peningkatan produktifitas perdesaan dengan bertumpu pada pengembangan kewirausahaan, peningkatan kualitas SDM, pemenuhan dan peningkatan infrastruktur.

Dikatakan, untuk pengembangan kewirausahaan baik pada pengembangan usaha masyarakat maupun usaha yang diprakarsai nagari melalui BUMNag produk unggulan nagari guna mendinamisasi perekonomian nagari.

Peningkatakan kualitas SDM kaitan antara produktivitas perdesaan dengan kualitas SDM diharapkan terjadi dalam jangka pendek maupun jangka panjang melalui investasi bidang pendidikan dan kesehatan dasar.

Kemudian dalam upaya pemenuhan dan peningkatan infrastruktur perdesaan, khususnya yang secara langsung berpengaruh terhadap perkembangan perekonomian nagari, dan memiliki dampak menguat-rekatkan sosial masyarakat perdesaan, terang Hamdi lagi. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube