Headline News

header-int

DPMPPTSP Fasilitasi Investor yang akan Berinvestasi di KEK MAndeh

Kamis, 25 Apr 2019, 10:09:24 WIB - 49 | Riva Endra, S.Kom
DPMPPTSP Fasilitasi Investor yang akan Berinvestasi di KEK MAndeh

PAINAN - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) merupakan kawasan dengan batas tertentu dalam wilayah Hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia yang di tetapkan untuk menyelenggarakan fungsi perekonomian dan memperoleh fasilitas tertentu sebagaimana dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah nomor 2 tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Kawasan Ekonomin Khusus.

Mempersiapkan Kawasan Mandeh sebagai ruang Investasi, memerlukan pemilihan konsep yang tepat, yang di dukung oleh perangkat peraturan perundangan yang ada, dan sesuai dengan potensi yang dimiliki dan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kepentingan Penduduk, Pemerintah dan Investor.

Adanya komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan untuk menyediakan lokasi Strategis Kawasan Mandeh sebagai Simpul Kegiatan Nasional baik Konsentrasi dan Distribusi  sehingga penyelenggaraan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandeh dapat terlaksana.

Melihat peluang itu, PT. POA Agro Indonesia yang merupakan calon Investor yang akan berinvestasi pada wilayah (KEK) Mandeh tersebut melakukan kunjungan kerja ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) Kabupaten Pesisir Selatan terkait pengurusan persyaratan.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Drs. Suardi, S, M.Si yang didampingi Kepala Bidang Penanaman Modal Dra. Norita Wisna disela pertemuannya dengan utusan dari PT. POA Agro Indonesia bertempat di ruangan kerjanya, selasa (23/04).

“Benar, kita telah lakukan pembicaraan dengan PT. POA Agro Indonesia terkait tahapan Penyiapan Dokumen Kawasan Ekonomi Khusus Mandeh,” katanya.

Suardi melanjutkan untuk memulai usaha yang paling penting dan utama sekali adalah kelengkapan persyaratan.

“Kita akan lakukan penginputan data pada sistim OSS (Online Single Submission), untuk penerbitan NIB (Nomor Induk Berusaha) kemudian kita akan keluarkan Izin Lokasi setelah Investor melengkapi Permohonannya dengan melampirkan pertimbangan teknis dari Kantor Pertanahan Nasional Kabupaten Pesisir Selatan,” jelasnya.

Suardi menambahkan dengan ditetapkannya Mandeh sebagai kawasan KEK diharapkan kepada setiap investor dapat memanfaatkan peluang itu untuk berinvestasi.

“Mandeh merupakan kawasan yang strategis untuk berinvestasi, semoga investor mampu melihat kesempatan itu,” harapnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube