Headline News

header-int

Era Pandemi Covid-19, Pariwisata Pesisir Selatan Bergeser Dari Wisata Massal Jadi Premium

Rabu, 10 Juni 2020, 11:05:19 WIB - 321 | Kontributor : Marlison
Era Pandemi Covid-19, Pariwisata Pesisir Selatan Bergeser Dari Wisata Massal Jadi Premium

Pesisir Selatan --- Bupati Pesisir Selatan, H.Hendrajoni, SH, MH membuka Webinar Pengelolaan Kawasan Mandeh Era Pandemi Covid-19 yang diselenggarakan  Jurusan Biologi FMIPA Universitas Andalas melalui video conference, Rabu (10/6) di ruang Vidcom Diskominfo setempat.

Pada kesempatan itu hadir Kepala Inspektorat, Ahda Yanuar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Jumsu Trisno, Kepala Bapedalitbang, Yozki Wandri dan Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Hadi Susilo.

Bupati Hendrajoni mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan sedang merumuskan beberapa kegiatan pariwisata yang sifatnya massal bergeser kepada kegiatan wisata yang bersifat premium.

Langkah ini menurut Bupati, dilakukan terutama pada kegiatan wisata di pulau. Pemerintah daerah akan menghitung daya dukung dan daya tampung sebuah pulau dalam menerima kunjungan wisata.

Dengan harapan, tekanan terhadap ekosistem lingkungan hidup juga mengalami pengurangan, sehingga kegiatan wisata tidak merusak kepada ekologi perairan.

Disebutkan, kegiatan pariwisata selama ini memang telah berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan secara signifikan, akan tetapi ternyata juga berdampak pada kerusakan terumbu karang dan meningkatnya sampah di laut.

"Untuk itu, kita mencoba melihat peluang di tengah ancaman pandemi Covid-19, dengan bergeser wisata massal menjadi wisata premium pada beberapa titik yang berpotensi dikembangkan. Kita juga memanfaatkan teknologi informasi dalam pembatasan tersebut," ucapnya.

Dijelaskan lebih lanjut, konsep awal yang disusun antara lain, setiap wisatawan yang berminat berkunjung ke pulau tertentu mesti mendaftar ke aplikasi yang disediakan. Aplikasi akan tercatat jumlah wisatawan yang berkunjung pada hari tertentu. Pada saat wisatawan mendaftar dalam kondisi kuota sudah terpenuhi, maka aplikasi nantinya langsung menawarkan penjadwalan ulang pengunjung untuk masuk ke daerah itu.

Dengan cara ini kunjungan dapat terus dikontrol dan wisatawan yang datang juga tidak kecewa karena gagal menikmati keindahan alam, karena kuotanya telah terlewati. (03)

 

 

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube