Headline News

header-int

Fasilitas Toilet Satu Sarana Penting Untuk Pelayanan Bagi Wisatawan

Kamis, 22 Juni 2023, 17:11:20 WIB - 200 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Fasilitas Toilet Satu Sarana Penting  Untuk Pelayanan Bagi Wisatawan

Pesisir Selatan  --- Fasilitas toilet di destinasi wisata harus memenuhi standar nasional. Kelayakan dan kebersihan toilet di masing-masing destinasi menjadi salah satu unsur yang diperhatikan wisatawan, terutama di era kenormalan baru.

Karena itu, pengelola wisata perlu melakukan revitalisasi toilet. “Toilet di destinasi wisata harus menerapkan CHSE (kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan), agar memberikan rasa nyaman wisatawan,” ujar selaku Rihendra narasumber pada pelatihan kebersihan toilet didestinasi wisata yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan .

Menurutnya sesuai Undang-undang Nomor 8 tahun 2016, pemerintah harus memastikan akses infrastruktur yang berkeadilan bagi para pelaku pariwisata dan wisatawan, khususnya penyandang disabilitas. Adapun toilet disabilitas dirancang lebih luas agar mobilitas penyandangnya dapat terakomodasi, terutama mereka saat akan menggunakan fasilitas tersebut untuk mandi.

Dimana pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif serta pemerintah bersinergi untuk membantu mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Salah satunya dengan mewujudkan toilet yang bersih dan higienis pada destinasi wisata yang bersih.

“Harapan kita adalah partisipasi masyarakat untuk mewujudkan toilet yang bersih dan higienis, ,” ujarnya 

Sementara itu Kabid Pariwisata pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Anton Mahendra menjelaskan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga melaksanakan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Toilet di Destinasi Pariwisata Tahun 2023 yang bersumber dari DAK Non Fisik

Kegiatan ini dibagi beberapa layanan pariwisata dan ada beberapa tahapan yaitu tahap teori, praktek, dan visitasi . Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini agar pengelolaan toilet di destinasi pariwisata meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang layanan di sarana umum pariwisata.

“Mewujudkan layanan toilet umum dengan prinsip bersih, kering dan harum, meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara,” ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube