Headline News

header-int

Fungsi Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Ditingkatkan

Rabu, 11 September 2019, 08:36:27 WIB - 40 | Kontributor : Marlison
Fungsi Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Ditingkatkan

Pesisir Selatan-Bupati Pesisir Selatan, H.Hendrajoni minta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pessel meningkatkan fungsi lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), karena lembaga tersebut jadi titik sentral strategi pembangunan sumber daya manusia (SDM). Hal itu disampaikan Bupati Pessel, Hendrajoni, Rabu (11/9).

Dikatakan, pendidikan usia dini menentukan sejarah perkembangan anak selanjutnya, serta membentuk fondasi dasar kepribadian. Anak yang mendapatkan pendidikan sejak dini dapat meningkatkan kesehatan, kesejahteraan fisik, dan mental yang akan berdampak terhadap prestasi belajarnya kelak.

Dalam perkembangan otak manusia, tahap perkembangan anak usia dini menempati posisi paling penting. Anak usia prasekolah mulai mengembangkan kemampuan bicara dan mengenal bahasa. Perkembangan bahasa berkaitan dengan perkembangan kemampuan membaca.

Disebutkan, PAUD adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan 6 (enam) perkembangan agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan sesuai kelompok usia yang dilalui oleh anak usia dini.

Tujuan utama untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan pada masa dewasa. (03)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube