Headline News

header-int

Germas Kecamatan Koto XI Tarusan dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Nagari Kapuh

Senin, 11 Mar 2019, 13:36:45 WIB - 246 | Prima Doni
Germas Kecamatan Koto XI Tarusan dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Nagari Kapuh

Pesisir Selatan, 10/3/2019

Kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) kecamatan Koto XI Tarusan dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Nagari Kapuh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Diperkirakan 1.500 orang Lebih menggikuti acara tersebut, Peserta yang mengikuti merupakan ibu – ibu PKK nagari sekecamatan Koto XI Tarusan, guru, pelajar dan masyarakat setempat, Minggu (10/3).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua TP PKK Pessel Lisda Hendrajoni, Kepala Dinas Kesehatan, dr. SATRIA WIBAWA, M.Kes. Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga Hadi Susilo, SSTP, M.Si, kepala Dinas Kelautan, Andi Syafinal,S.Pi, M.Si, Sekretaris Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan, Suhendri, camat koto XI tarusan serta seluruh wali nagari sekecamatan Koto XI Tarusan.

Menurut Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Selatan Lisda Hendrajoni, menyampaikan dengan adanya GERMAS ini dapat menjadikan Masyarakat kita hidup Sehat dan buat Ibu – ibu dan Bapak -bapak tambah awet muda kerena lebih banyak makan buah dan minum air putih dan Pola hidup yang sehat.

” Menjaga pola makan, istirahat yang cukup dan Hidup bersih dilingkungan nya masing – masing, sama juga menyukseskan GERMAS,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Lisda Hendrajoni mengajak para peserta dan masyarakat ikut bersama – sama menggiatkan Gerakan Masyarakat Sehat . Agar, Program GERMAS lebih bisa tumbuh pada lapisan masyarakat. " Hal itu, bukan menjadi tanggung jawab dari pemerintah daerah saja, ataupun pihak PKK saja, kesadaran masyarakat dan kerjasama seluruh elemen penting juga dalam hal ini," Katanya.

"Mari kita Bersama – sama melaksanakan pola Hidup sehat, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan,Dr. Satria Wibawa, M.Kes mengatakan," Germas dapat dilakukan dengan cara Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban. Pada tahap awal, Germas secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, seperti Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, Mengonsumsi buah dan sayur serta Memeriksakan kesehatan secara rutin," katanya.

"Tiga kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar," tuturnya.

Germas merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

Untuk menyukseskan Germas, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran serta semua stakeholder dan Lembaga lain juga turut menentukan, dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari individu, keluarga, dan masyarakat dalam mempraktekkan pola hidup sehat, akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi profesi dalam menggerakkan anggotanya untuk berperilaku sehat.

Dalam kehidupan sehari-hari, praktik hidup sehat merupakan salah satu wujud program pemerintah dalam mengatasi masalah kesehatan. Germas mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan - kebiasaan atau perilaku tidak sehat.

" Germas diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat, dan mengurangi beban biaya kesehatan," tutupnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube