Headline News

header-int

Gudang logistik Pemilu di Kecamatan Koto XI Tarusan terbakar

Senin, 22 Apr 2019, 15:12:12 WIB - 155 | Elfi Mahyuni, SH
Gudang logistik Pemilu di Kecamatan Koto XI Tarusan terbakar

Pesisir Selatan -- Gudang logistik Pemilu di Kecamatan Koto XI Tarusan terbakar, Senin (22/4) sekitar pukul 01.00 dini hari. Penyebab kebakaran masih diselidiki. 

Kapolres Pessel AKBP Fery menerangkan peristiwa ini terjadi sekitar pukul 01.00 dini hari. Dimana pada Minggu (21/4) penghitungan suara dilakukan di dua tempat yaitu digedung UDKP dan Kantor camat .  Penghitungan telah selesai sekitar pukul 12.00 wib namun di kantor camat masih banyak orang yang berkumpul. 

Tiba tiba api dari gudang logistik yang berada di UDKP terlihat mulai membakar. Dengan bantuan masyarakat berusaha memadamkan api dan menyelamatkan kotak suara dan logistik lainnya . Mobil damkar juga ikut membantu memadamkan kabakaran .

"Hingga kini, kita masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran apakah disengaja atau tidak. Tim Inafis Polda Sumbar masih melakukan olah Tempat Kejadian Perkara(TKP)," ujarnya 

Menurut Fery pihaknya akan meningkatkan pengamanan karena penghitungan suara tingkat Kecamatan Koto XI Tarusan. Dan pihaknya menghimbau masyarakat jangan ikut terprovokasi dan ikut menyebarkan berita yang tidak benar terkait kebakaran ini. Sebab penyelidikan masih dilakukan.

Komisoner KPU Pessel Medo Patria menerangkan jumlah kotak suara yang ikut terbakar sebanyak 19 kotak dan berasal dari PPS Kapuh. Namun kotak suara yang terbakar itu apakah kotak suara DPR RI,DPD,DPRD Provinsi atau DPRD Kabupaten belum dipastikan. Sebab investasi kotak suara masih berlangsung. 

Ditambahkannya jumlah kotak suara yang ada du Kecamatan Koto XI Tarusan sebanyak 785 kotak dari 157 TPS yang ada. Dan nagari yang sudah melakukan penghitungan tingkat kecamatan baru 3 nagari yaitu Nagari Nanggalo 10 TPS, Cerocok Anau 3 TPS, Batu Hampar Selatan 5 TPS. 

Medo mengakui surat suara yang terbakar tersebut belum dilakukan penghitungan suaranya dan belum diplenokan."Surat suaranya belum kita rekap. Dan terkait surat suata yang terbakar itu kita menunggu petunjuk dari KPU Sumbar dan Bawaslu dan partai mengenai kelanjutannya," kata Medo.

Sementara itu Bupati Pessel Hendrajoni yang datang kelokasi mengencam kejadian ini. Sebab dengan adanya kejadian ini banyak polemik yang akan terjadi ditengah masyarakat. Dirinya berharap kasus ini bisa segera diselesaikan dan menemukan titik terangnya. Dan pengamanan lebih diperketat hendaknya agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.

"Kita sangat menyayangkan kejadian ini,kita berharap penyebab dari terbakarnya gudang logistik harus segera ditemukan penyebabnya. Apakah sengaja dibakar atau penyebab lainnya," ujarnya 

Pada kesempatan itu Hendrajoni meminta semua pihak bisa menjaga diri dan tidak menyebarkan berita yang kebenarannya diragukan sebab ini akan menimbulkan polemik ditengah masyarakat. 

"Semua pihak harus bisa mengawal penghitungan suara, camat dan semua pihak yang terlibat harus terus bekerja semaksimal mungkin. Jangan tinggalkan lokasi dan bisa meredamkan masalah yang ada dan dicarikan solusinya segera ," ujarnya.

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube