Headline News

header-int

Hadi Susilo : Pembenahan SDM Pariwisata Harus Selalu Dilakukan

Senin, 12 Agu 2019, 21:09:00 WIB - 8 | Verifikator : Wikeastuti, S.Si.Kom
Hadi Susilo : Pembenahan SDM Pariwisata Harus Selalu Dilakukan

Pesisir Selatan-- Salah satu titik lemah pembangunan sektor pariwisata terletak pada kemampuan Sumber Daya Manusia(SDM) yang menangani permasalahan pariwisata baik regulasi maupun koordinasi lintas sektoral .

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Hadi Susilo Senin (12/8) di Painan,menurutnya keterbatasan seperti itu jelas tidak akan mampu menghasilkan produk wisata berdaya saing tinggi di pasar bebas. 

Menurutnya dalam proses perencanaan dan pembangunan kepariwisataan pembahasan tentang SDM untuk kebutuhan pelayanan kegiatan bebragai aktifitas kepariwisataan yang benar dan efektif sering menjadi perhatian yang kurang serius oleh pemangku kepentongan baik oleh pemerintah, swasta maupun oleh masyarakat itu sendiri ditengah tuntutan yang semakin tinggi terhadap perlunya peningkatan kinerja sektor pariwisata.

"Agar dapat memenuhi pencapaian target target ekonomi, namun pembenahan SDM perlu penguatan agar tidak terdapat kesan cukup menonjol bahwa perhatian. Kita masih tertumpu pada aspek kuantitatif yaitu besarnya PAD ,kesempatan kerja,kunjungan wisatawan dan lainnya," ujarnya 

Ditambahkannya aspek kualitatif yang berupa perubahan positif terhadap mutu SDM. Cenderung diabaikan,hal ini bertentangan dengan tujuan logika yang mendasari pembangunan pariwisata itu sendiri. Dimana target target ekonomi itu bisa tercapai jika persoalan SDM lebih dahulu dibenahi. 

"SDM berperan penting dalam pengembangan pariwisata baik yang bekerja dilembaga pemerintah maupun swasta yang dapat menciptakaj kepuasana layanan terhadap wisatawan yang berkunjung " ujarnya 

Ditambahkannya beberapa peran pentingk beradaan SDM diindustri pariwisata yaitu motor pengerak keberlangsungan industri pariwisata yang merupakan pelaku utama yang menciptakan produk inti pariwisata dan salag faktoe penentu daya saing industri pariwisata. 

"pada tahun 2019 kementrian Pariwisata menjawab persoalan peningkatan SDM pariwisata dengan menguncurkan Dana Alokasi Khusus(DAK) non fisik bidang kepariwisataan guna membenahi SDM pariwisata melalui program pemberdayaa masyarakat dengan berbagai kegiatan pelatihan kepariwisataan agar SDM pariwisata dapat menjadi pesaing unggul dibanding sektor sektor lainnya," ujarnya (07)

Kontributor : Elfi Mahyuni, SH - Author Resmi Pemerintah Kab. Pesisir Selatan

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan [removed][removed]
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube