Headline News

header-int

Harga Komoditi Gambir Bertahan Rp21 ribu

, 24 Oktober 2010, 06:34:00 WIB - 1462 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, Oktober----

Harga komoditi getah gambir kering ditingkat pedagang pengumpul Kabupaten Pesisir Selatan pada pekan ini bertahan Rp21 ribu/Kg. Stabilnya harga komoditi gambir ini membuat petani dapat bernafas lega kembali karena beberapa pekan harga gambil sempat turun karena pengolahannya yang kurang baik di tingkat petani.

"Harga jual jatuh karena pengolahan gambir yang tidak maksimal di tingkat petani hingga waktu itu harga jual mencapai Rp19 ribu per Kg nya," ujar pedagang pengumpul, Iban (41) di Nagari Koto Tuo Kecamatan  Batang Kapas, minggu (24/10)

Menurutnya, para petani mulai lebih memperhatikan pengolahan komoditi gambir agar harga tidak kembali turun termasuk memperhatikan kondisi cuaca saat pengeringan.

Sedangkan untuk penjualan daun gambir dari petani kepada pengolah, bertahan di level Rp1800/Kg. Sementara, harga jual gambir dari tingkat petani ke gudang penampungan yang ada di Kota Padang juga mulai membaik yakni Rp27 ribu per Kg nya.

Data Dinas Kehutanan Dan Perkebunan Kabupaten Pesisir Selatan mencatat luas potensi perkebunan gambir di daerah ini mencapai 6.900 hektar sementara yang sudah dimanfaatkan seluas 6.013 hektare. sebanyak 3.736 KK di Pesisir Selatan saat ini tercatat sebagai petani gambir petani, terbanyak di Kecamatan Sutera (2.127 KK) disusul Kecamatan Koto XI Tarusan (1.433 KK).(02

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube