Headline News

header-int

Harga Sembako Melambung

, 03 Agustus 2010, 06:49:00 WIB - 794 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, Agustus----Memasuki bulan ramadhan, harga sejumlah bahan pokok terus melambung. Kenaikan harga hanya dalam hitungan hari. Kondisi ini sangat memberatkan masayrakat, terutama mereka yang berpenghasilan rendah.

Kenaikan yang cepat terjadi pada tepung beras, dan minyak goreng. Menurut pedagang, minyak goreng curah melesat naik hanya dalam dua hari, sehingga banyak diantara konsumen yang merasa kaget ketika berbelanja.

Untuk minyak goreng curah, harga eceran saat ini Rp8.500 sedangkan tiga hari sebelumnya Rp8300.Dan harga gula pasir ditingkat pengecer, naik lima ratus rupiah dari sebelumnya yakni Rp11 ribu. Untuk tepung beras juga naik lima ratus menjadi Rp4500/kg.

"Entah akan memasuki bulan ramadhan, sehingga memicu harga sejumlah sembako kejar-kejaran melambung. Anehnya kenaikan harga tidak beraturan, bisa terjadi dua kali dalam satu minggu. Sehingga membuat para langganan terkejut,' ungkap Anto salah seorang pedagang kepada pesisirselatan.go.id, Selasa kemarin.

Ia menambahkan, sebenarnya peningkatan harga kebutuhan menjelang lebaran sudah biasa terjadi. Hanya saja tidak seperti kondisi sekarang. Seringnya barang naik saat ini dilatarbelakangi banyak faktor. Seperti adanya isu kenaikan TDL, dan lain sebagainya.

"Kata distributor selain alasan kenaikan TDL, juga adanya isu akan adanya gempa besar, sehingga para distributor tidak berani menumpuk barang dalam partai besar. Kita juga tidak tahu, entah hal itu menjadi alasan saja untuk menaikkan harga kebutuhan pokok,' ujarnya.

Sementara itu untuk rokok dan sederatan kebutuhan lain seperti roti dan sabun sampai saat ini masih stabil. Namun bisa saja barang-barang tersebut naik, minimal menjelang lebaran tiba. Karena pengalaman beberapa tahun terakhir, kondisinya demikian. (02)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube