Headline News

header-int

HARGA TBS ANJLOK DI PESSEL

, 22 Juni 2012, 16:03:00 WIB - 564 | Kontributor : Yusril Budidarma, A.Md

Painan, Juni ----

Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit kembali anjlok di tingkat petani di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dari Rp850 menjadi Rp600 per kilogram, sejak sepekan terakhir.  Kini buah kelapa sawit tidak lagi bisa diandalkan sebagai mata pencaharian karena harga terus turun. Sejak sepekan ini harga sawit hanya Rp600 per kilogram setelah turun dari Rp850 per kilogram, " kata Iwan (34) salah seorang petani sawit di Lengayang Pesisir Selatan, Senin.  Bila harga sawit terus turun seperti yang dialami sejak beberapa bulan terakhir, dikhawatirkan sebagian besar kebun rakyat akan terlantar dan tidak terurus akibat tidak seimbangnya biaya pemeliharaan dengan hasil panen.

Ia menyebutkan, awal turunnya harga TBS di tingkat petani di kabupaten itu dari Rp1.100 menjadi R850 per kilogram akibat dari tingginya kadar air TBS dari pedagang pengumpul dijual ke pabrik pengolahan sawit di Indrapura Kecamatan Pancung Soal.  Menurut ia, sejak sebulan terakhir harga TBS sudah terjadi dua kali penurunan sehingga masyarakat di kabupaten itu yang terbiasa menggantungkan perekonomiannya dari bertani sawit mulai mengeluh.

Ia menduga penurunan harga TBS di kabupaten itu akibat permainan harga dari pedagang pengumpul dengan mematok harga seenaknya sehingga masyarakat (petani) selalu merugi. Hingga kini, harga TBS di tingkat petani tetap ditentukan oleh pedagang pengumpul karena penjualan TBS dari petani hanya dapat dilakukan kepada pedagang pengumpul yang langsung menjemput ke kebun masyarakat. Dia meminta pemerintah mencarikan solusi terbaik dalam mengendalikan harga TBS, baik di tingkat petani maupun di pabrik sehingga ke depannya petani tidak selalu dirugikan oleh pedagang pengumpul.

Data Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura Perkebunan dan Peternakan kabupaten setempat mencatat lahan perkebunan sawit khusus milik masyarakat luasnya sekitar 20.318 hektar yang tersebar di tujuh kecamatan dari 12 kecamatan yang ada. Kecamatan itu, Lengayang, Basa Ampek Balai Tapan, Batangkapas, Sutera, Pancung Soal, Lunang Silaut dan Koto XI Tarusan.(04

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube