Headline News

header-int

Hari Terakhir Libur Lebaran, Penangkaran Penyu Ampiang Parak Diserbu Ribuan Pengunjung

Senin, 10 Jun 2019, 12:03:06 WIB - 61 | Okis Mardiansyah
Hari Terakhir Libur Lebaran, Penangkaran Penyu Ampiang Parak Diserbu Ribuan Pengunjung

Pesisir Selatan - Obyek wisata Penangkaran Penyu Ampiang Parak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, di hari terakhir libur Lebaran Idul Fitri 1440 H, masih dipadati ribuan wisatawan, Minggu (9/6).

Pantauan Haluan di lokasi, sejak Kamis (6/6), hari pertama libur lebaran Idulfitri, obyek wisata yang ada di Kecamatan Sutera ini, penuh sesak oleh pengunjung. Mereka datang dari berbagai daerah untuk menghabiskan libur lebaran bersama keluarga dan kerabatnya. 

Ketua Laskar Turtle Camp (LTC) sekaligus penggagas Penangkaran Penyu Ampiang Parak, Haridman menyebutkan, untuk memasuki obyek wisata ini, pengunjung cukup membayar karcis Rp10 ribu per orang. Harga tersebut kata dia, sebagai jasa penyeberangan ke lokasi Penangkaran Penyu, bukan untuk tiket masuk. 

"Jadi, disini kami tidak memungut tiket masuk, melainkan jasa penyeberangan saja. Sebab, untuk akses penyebrangan kami menyediakan 3 perahu, dua diantaranya milik kelompok LTC satunya lagi milik masyarakat setempat," ujarnya di lokasi.

Haridman mengatakan, sejak Kamis kemarin, sekitar 40 ribu pengunjung memadati lokasi tersebut setiap harinya. Sebab, selain Penangkaran Penyu, pihaknya juga menyediakan wahana bermain anak, seperti kolam renang mini, sepeda air, mobil mobilan anak, papan seluncur, papan ayunan, spot selfie, dan sebagainya.

"40 ribu itu jumlah pengunjung secara keseluruhan yang datang kesini, kalau ke lokasi Penangkaran Penyu kami prediksi sekitar 17 ribu orang per hari. Kami menilai naik perahu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain jarak tempuh yang dekat, juga tidak ada ancaman yang serius saat berlayar," kata dia.

Ia menjelaskan, nantinya ada sekitar 250 ekor Penyu yang bakal dilepas liarkan di laut bebas, 70 ekor diantaranya Penyu Sisik dan selebihnya jenis Penyu Hijau. Selama di lokasi, pengunjung bakal disuguhi dengan pohon Cemara laut dan Mangrove yang berjejer disepanjang pantai Ampiang Parak. Hal yang paling menarik, kata dia, lokasi Penangkaran Penyu dijadikan sebagai sarana edukasi akan pentingnya menjaga lingkungan dan melindungi hewan laut Penyu yang hampir punah.

"Alhamdulillah seiring berjalannya waktu, Penangkaran Penyu Ampiang Parak semakin diminati pengunjung. Bahkan selama libur lebaran ini, kami mampu meraup omset bersih sekitar Rp6 juta per hari. Itu sudah dikeluarkan biaya operasional seluruh anggota sebanyak 60 orang termasuk uang kebersihan," tuturnya. 

Sementara itu, Lia (32) salah satu pengunjung asal Jambi mengaku senang bisa liburan bersama orangtuanya ke lokasi Penangkaran Penyu Ampiang Parak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan. 

"Iya, orangtua sekalian pulang kampung kerumah nenek, tadi sama saudara diajak main kesini. Ternyata tempatnya bagus, pantainya masih bersih dan asri, ada Penyu lagi," kata perempuan yang mengaku besar di Jambi ini. (15)

Foto, Terlihat antrian pengunjung ketika hendak menuju Penangkaran Pulau Penyu menggunakan perahu.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube