Headline News

header-int

Hendrajoni Letakan Batu Pertama Pembangunan Sentra IKM

Senin, 01 Juli 2019, 10:17:45 WIB - 808 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Hendrajoni Letakan Batu Pertama Pembangunan Sentra IKM

Pesisir Selatan -- Bupati Pesisir Selatan melakukan peletakan batu pertama pembangunan sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Senin (1/7) di Kenagarian Cerocok Anau Tarusan.

Menuriutnya rencana Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan membangun sentra industri kecil menengah (IKM)  khusus pengolahan ikan di Kenagarian Cerocok Anau pembangunan sentra industri kecil menengah (IKM) tersebut berasal dari bantuan Dana Alokasi Khusus pemerintah pusat melalui Kementerian Perindustrian.

“Pembangunan awal telah dimulai akan dilakukan tahun 2018 dengan membangun kantor pengelolaan nya dan pada tahun 2019 ini dilanjutkan dengan tempat pengelolaan ikan dengan alokasi anggaran Rp 14 milyar lebih," ujarnya

Menjelaskan Sentra IKM yang dibangun itu bertujuan untuk memaksimalkan pengolahan hasil perikanan dan kelautan yang selama ini menjadi salah satu produk unggulan serta banyak digeluti masyarakat pesisir selatan, khususnya Di Kecamatan Koto XI Tarusan .

Sejumlah produk yang akan dikembangkan di sentra IKM yakni produk basah seperti nuget, sedangkan produk kering berupa ikan asin, kerupuk, amplang. Kemudian untuk limbahnya nanti akan dimanfaatkan untuk pembuatan pakan.

Sentra IKM itu nantinya akan didukung sarana dan prasarana yang memadai, mulai dari rumah produksi, gudang, sistem pengolahan limbah, mesin serta peralatan untuk menunjang aktivitas produksi agar dapat menghasilkan produk berkualitas.

Selain menyiapkan sarana dan prasarana produksi, Diskoperindag akan menyiapkan sumber daya manusia untuk mengelola sentra IKM dengan mengadakan pelatihan khusus kepada kelompok masyarakat sehingga produk yang dihasilkan benar-benar berkualitas.(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube