Headline News

header-int

Hubungan Harmonis Camat Dengan Walinagari Mesti tetap Dijaga Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Selasa, 13 Agustus 2019, 13:24:35 WIB - 72 | Kontributor : Marlison
Hubungan Harmonis Camat Dengan Walinagari Mesti tetap Dijaga Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Pesisir Selatan-Hubungan harmonis antara camat dan walinagari di Pesisir Selatan mesti tetap dijaga dalam penyelenggaraan pemerintahan dan kegiatan pembangunan nagari. Harapan itu disampaikan Sekda Pessel, Erizon, Selasa (13/8).

Menurut sekda, hubungan yang harmonis camat dengan walingari sangat penting, sehingga pelaksanaan kegiatan pembangunan di nagari dapat berjalan dengan baik.

Kemudian walinagari diminta berkonsultasi secara intensif dengan camat terkait dengan pelaksanaan pembangunan nagari. Sementara camat juga mesti melakukan pembinaan yang baik terhadap walinagari di wilayah tugasnya.

Disisi lain ia berharap agar pemerintah nagari melibatkan peran pemuda dalam pembangunan. Karena pemuda merupakan generasi penerus yang mesti turut berkontribusi dalam pembangunan, katanya.

Lebih jauh dikatakan, selain infrastruktur, penggunaan dana desa 2019 juga difokuskan pada kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Menurutnya, pemberdayaan ekonomi masyarakat amat penting dengan mengoptimalisasi berbagai potensi yang ada seperti sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan usaha-usaha ekonomi produktif lainnya.

Kemudian ia mengingatkan pemerintah nagari agar berhati-hati mengelola dana desa. “Jangan menganggap bahwa dana tersebut milik pribadi sehingga dikemudian hari yang bersangkutan berurusan dengan hukum. Saya tidak ingin hal itu terjadi. Makanya, kelola dana desa dengan baik sesuai aturan yang ada,” pintanya.

Lebih lanjut menurutnya, untuk mengantisipasi kecurangan dalam pengelolaan dana desa, maka semua unsur di nagari diminta mengawasi secara ketat sehingga tidak ada celah bagi oknum pemerintahan nagari memanfaatkan dana itu untuk kepentingan pribadi atau kelompok tertentu.

"Pemerintah nagari harus memahami dan melaksanakan aturan pengelolaan dana desa. Kalau ada yang diragukan tolong tanyakan kepada dinas terkait supaya tidak terjerumus ke ranah hukum. Masalah keuangan memang sangat rentan terhadap penyelewengan. Oleh karena itu, luruskan niat. Sebab, sekecil apapun kesalahan yang dilakukan, Allah Maha Mengetahui dan akan dibalasi di akhirat kelak," ucapnya. (03)
    

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube