Headline News

header-int

Jelang peneriman bantuan Rusus, Tim Kabupaten Pessel lakukan pendataan

Sabtu, 12 Jan 2019, 12:09:06 WIB - 52 | Mario Rosy
Jelang peneriman bantuan Rusus, Tim Kabupaten Pessel lakukan pendataan

Pesisir Selatan, 12 Januari 2019. 

Tim dari Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan terdiri dari Dinas Perkimtan Pessel, Camat IV Jurai, KAN Painan, Walinagari Painan Selatan Painan dan Bamus, Sabtu (12/1) turun lakukan pendataan. 

Pendataan dilakukan oleh Tim dari Pemkab Pessel bertujuan untuk tahap proses seleksi warga yang bakal menerima bantuan rumah khusus ( Rusus)

Kepala Dinas Pemukiman dan Tata Ruang, Mukhridal mengatakan, bantuan Rumah Khusus ( Rusus) di muaro Kampung Painan Selatan, Nagari Painan Selatan Painan saat ini sedang dalam proses pendataan oleh tim di lapangan. Semoga, nantinya dalam pemberian Rusus berjalan lancar dan tepat sasaran. Serta, mempunyai manfaat besat bagi warga menerimanya.

" Proses Pendataan hingga sampai saat ini sedang dilakukan, baik dari Pihak Dinas, Kecamatan dan Walinagari, " kata Mukhridal.

Di tuturkannya, selain itu Pemkab Pessel melalui Anggaran Pembelanjaan dan Belanja Daerah ( APBD) dan bantuan Dana dari APBN, ditambah Dana Desa juga melakukan program bedah rumah. Satu unit bedah rumah dijatah Rp.15 juta. Dan, besaran serupa juga berlaku dari biaya bersumber dari dana nagari, sementara dari APBN mencapai Rp. 30 juta.

Mukhridal mengungkapkan, pada tahun 2019 Pemkab Pessel menargetlan sebanyak 2.500 rumah tidak layak huni ( Rutiluhu) bakal dibedah, angka itu lebih tinggi dari periode tahun 2018 yang lalu hanya 2.000 rumah.

" Kita, akan melakukaan pendataan di Kecamatan dan Nagari, agar bedah rumah sekali lagi benar tepat sasaran," kata Kadis Perkimtan 

Ulas Dirinya, Program bedah rumah ini adalah upaya dari Pemkab Pessel dalam meningkatkan taraf hidup dan Kesehjateraan Masyarakat. Saat inu lanjutnya, pihaknya sedang menunggu jumlah alokasi dana dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PU-PERA). 

Guna menyukseskan program tersebut, Mukhridal mengingatkan kepada fasilitator bisa melakukan pengawasan kegiatan dengan baik. Hal, itu untuk meminimalisir kemungkinan penyelewenangan di lapangan. (01)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube