Headline News

header-int

Kaji Potensi Pariwisata Pesisir Selatan, Taruna Lansitardanus Sampaikan Hasil Riset Sosial

Rabu, 31 Mei 2023, 13:10:55 WIB - 183 | Kontributor : Wildan, S.E., M.I.Kom
Kaji Potensi Pariwisata Pesisir Selatan, Taruna Lansitardanus Sampaikan Hasil Riset Sosial

Pesisir Selatan --- Tim Riset Sosial (Risos) Yontarlat I/ Macan menyerahkan hasil riset sosialnya kepada Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Pesisir Selatan, Apt. Rudi Hariansyah, S.Si di Ruang Rapat Kantor Bupati Pesisir Selatan, Selasa (30/05).

Dalam kesempatan itu para taruna Latsitardanus XLIII/ 2023 yang tergabung dalam Tim Risos ini menyampaikan hasil kajiannya tentang strategi pemanfaatan objek wisata Pantai Carocok Painan guna meningkatkan ketahanan ekonomi penduduk pesisir.

Pen Yontarlat I Macan. Kapten Inf.Hendri mengatakan, Risos ini merupakan sarana taruna untuk melatih kemampuan meneliti secara keilmuan terhadap suatu permasalahan yang berada di masyarakat dan memberikan solusi terhadap masyarakat dan pemerintah.

"Kita berharap laporan Risos ini,  para taruna bisa memberikan kontribusi pemikiran dalam program peningkatan Sumber Daya Manusia ( SDM) masyarakat dan kerja sama pemerintah," kata Pen Yontarlat I Macan. Kapten Inf.Hendri.

Perwakilan dari Taruna Lansitardanus XLIII, Evan Manomayasa Fatah mengatakan pihaknya dalam penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptit dan analisa SWOT.

"Risos ini menghasilkan strategi SO  (Strengths-Opportunities) yang menggunakan kekuatan internal di wilayah ini untuk meraih peluang-peluang yang ada di luarnya," kata Evan.

Ia mengatakan untuk meningkatkan ketahanan ekonomi penduduk pesisir Pantai Carocok ini perlu mengembangkan kerja sama dengan pemerintah dan swasta untuk memperluas infrastruktur pariwisatan seperti, hotel, restoran dan sarana rekreasi.

"Kita menyarankan untuk konsisten melakukan promosi, meningkatkan kualitas SDM dan meningkatkan manajemen pariwisatam," saran Evan.

Sementara itu Bupati Pesisir Selatan yang diwakili Wakil Bupati Rudi Hariyansyah, mengapresiasi saran dan masukan melalui hasil Risos yang dilakukan oleh para taruna. 

"Saran yang diberikan dari hasil penelitian Risos, ini para taruna juga harus ikut bertanggung jawab, jangan sampai hanya hanya memberikan saran saja, tetapi juga harus bisa memberikan solusi secara berkelanjutan dan membantunya," kata Rudi.

Dalam acara tersebut juga dihadiri Paban PM dan PPM Ditjianbang Akademi TNI bersama rombongan, Asisten I, Wali Nagari Painan, Kabid Parekraaf Dinas pariwisata, Pemuda dan Olah Raga.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube