Headline News

header-int

Kantor UKL Basa Ampek Balai Tapan Serahkan KK, Akta Kelahiran dan KIA pada Warga Dusun Baru

Rabu, 06 November 2019, 13:26:34 WIB - 275 | Kontributor : Marlison
Kantor UKL Basa Ampek Balai Tapan Serahkan KK, Akta Kelahiran dan KIA pada Warga Dusun Baru

Pesisir Selatan-Kantor Unit Kerja Layanan (UKL) Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan melakukan penyerahan dokumen kependudukan berupa Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran dan Kartu Indentitas Anak (KIA) kepada warga Dusun Baru Tapan, Rabu (6/11). Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pessel, Evafauza Yuliasman Mansarin, Rabu (6/11).

Dikatakan, penyerahan KK, Akta Kelahiran dan KIA itu merupakan salah satu bentuk pelayanan dokumen kependudukan oleh Disdukcapil melalui UKL kepada masyarakat.

"Ya, dokumen kependudukan itu sangat dibutuhkan masyarakat, sehingga kita terus memberikan pelayanan. Bahkan, dokumen kependudukan itu kita antar langsung kepada masyarakat," ucapnya.

Dikatakan, inovasi pelayanan lain yang dilakukan adalah Salam Sapa ke Pintu Rumah yakni petugas mendatangi kelompok penduduk yang mempunyai keterbatasan fisk dan kesehatan serta tercatat kurang peduli dengan dokumen kependudukan dengan melayani penerbitan dokumen kependudukan.

Layanan Berputar adalah petugas UKL yang dilengkapi sarana kendaraan roda dua turun setiap hari ke kampung-kampung mendatangi dan menjemput penduduk yang mengalami keterbatasan untuk mengurus dokumen kependudukan seperti penduduk Manula, ODGJ atau penyandang disabilitas.

Layanan Turut Berduka adalah petugas UKL atau diwakili  Register Kampung akan langsung mendatangi rumah duka untuk melayat dan meminta dokumen-dokumen pendukung untuk pencatatan peristiwa kematian dan penerbitan dokumen Akta Kematian. Layanan Pass Nikah merupakan hasil kerjasama dengan Kemenag dan KUA khusus melayani penerbitan dokumen kependudukan terhadap pasangan nikah.

Layanan Lado Kutu adalah kerjasama pelayanan antara Disdukcapil dengan beberapa unit kerja pemerintah seperti RSUD Dr.M.Zein Painan, Kemenag, Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan BPJS yang memberikan pelayanan terpadu kepada masyarakat.

Layanan Sehat adalah kerjasama Disdukcapil dengan RSUD Dr.M.Zein Painan dan BPJS yang dituangkan dalam bentuk dokumen perjanjian kerjasama pelayanan. Layanan ini diberikan khusus kepada pasien rawat jalan atau rawat inap. Layanan THR difokuskan melayani masyarakat perantau yang pulang kampung saat hari raya, sekaligus ingin mengurus dokumen kependudukannya.

Layanan Selamat Hari Lahir merupakan pelaksanaan dari perjanjian kerjasama pelayanan dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas yang ada dalam memberikan dokumen Akta Kelahiran kepada ibu yang baru melahirkan di Puskesmas. Berikutnya, Layanan Jebol Per Siswa merupakan layanan dalam rangka penyelesaian perekaman KTP Elektronik terhadap penduduk wajib KTP kategori penduduk pemula. Pelaksanaan layanan itu bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta SLTA yang ada, jelasnya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube