Headline News

header-int

Kasus Lakalantas Terus Terjadi Setiap Bulan.

, 31 Mei 2010, 00:00:00 WIB - 723 | Kontributor :

Painan, Mei

Setidaknya setiap dua hari sepanjang April 2010 terjadi satu kasus Kecelakaan Lalulintas (Laka Lantas) di wilayah hukum Polisi Resort (Polres) Pesisir Selatan. Jumlah Laka Lantas bulan itu sebanyak 15 kasus. Sebagian besar disebabkan karena human error (kesalahan manusia). Pengendara tidak mematuhi Peraturan Lalulintas.

Hal itu dikatakan Kepala Polisi Resort (Kapolres) Pessel, AKBP Rosmita Rustam kepada pesisirselatan.go.id Senin (31/5). Angka Laka Lantas di wilayah Polres itu terus terjadi penambahan setiap bulannya. Pada April lalu tercatat 15 kasus Lakalantas, lebih separoh penyebabnya tidak mematuhi peraturan tentang Lalin.

Pengguna kendaraan Roda Dua (Ranmor) khususnya, seakan tidak menyadari pentingnya helm sebagai safety (pengaman) kepala. Mereka (pemakai Ranmor) jarang sekali dengan kesadarannya sendiri menggunakan helem saat berada diatas Ranmor di jalanraya. Sehingga saat terjadi Lakalantas seringkali terjadi benturan keras di kepala yang membuat pengendara dan penumpangnya tewas.

"Hampir sebagian besar pengguna Ranmor yang tewas disebabkan tidak memakai helm saat di jalan raya. Dari 15 kasus Lakalantas yang terjadi April, sebagian besar penyebabnya karena tidak mematuhi Peraturan Lalin atau kesalahan manusia itu sendiri (human error). Mereka (pengendara-red) umumnya generasi muda," katanya.

Sementara dari semua wilayah yang ada di Kabupaten itu, angka Lakalantas hampir merata diseluruhnya.

Rosmita mengimbau, bagi pengguna Ranmor dan Mobil agar senantiasa mematuhi aturan Lalin, sehingga angka Lakalalin dapat ditekan atau turun. Khusus pengguna Ranmor agar tidak meninggalkan helem dan dipasang di kepala.

"Sabuk pengaman bagi pengendara dan penumpang mobil agar terus dipasang saat berada di jalan raya. Sementara pengguna Ranmor jangan lupa memasang helm. Ini agar terlepas dari bahaya Lakalantas yang selalu mengintai penggunanya itu. Salah satu penyebab tingginya resiko kematian akibat kecelakaan adalah, karena tidak memakai kelengkapan itu," imbuhnya (04

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube