Headline News

header-int

Kawasan Mandeh Dijadikan Kawasan Wisata Berkelanjutan

Senin, 20 Mei 2019, 10:09:45 WIB - 1507 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Kawasan Mandeh Dijadikan Kawasan Wisata Berkelanjutan

Pesisir Selatan -- Kawasan Mandeh, dinilai perlu menerapkan sistem yang tepat untuk mengelola destinasi wisata yang berkualitas.Salah satu langkahnya adalah mengaplikasikan konsep pariwisata berkelanjutan. 

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Hadi Susilo Senin(20/5) mengungkapkan pengelola destinasi oleh pemerintah daerah di Kawasan Mandeh sangat diperlukan untuk mengenalkan pariwisata berkelanjutan.

"Pengembangan pariwisata berkelanjutan di Indonesia memberikan dampak positif pariwisata bagi masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan di destinasi," katanya 

Mengatakan pengelola destinasi wisata di Indonesia secara umum masih perlu memahami betul prinsip-prinsip berkelanjutan dalam kegiatan wisata yang digeluti. Khususnya dalam hal tata kelola destinasi, manfaat ekonomi bagi masyarakat, hingga pelestarian budaya dan lingkungan. 

"Kesemuanya ini merupakan standar yang telah ditetapkan Kemenpar di dalam Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan atau Permenpar 14/2016," katanya.

Menurutnya pariwisata berkelanjutan sangat sesuai untuk diintegrasikan dengan destinasi  yang menawarkan sumber daya keanekaragaman hayati dan budaya lokal.

Menurutnya dengan dampak yang berskala luas, kegiatan pariwisata di kawasan Mandeh menentukan kualitas sumber daya alam dan budaya yang beranekaragam untuk dapat terus dinikmati wisatawan.

"Potensi Kawasan Mandeh juga didukung oleh penetapan wilayah Kawasan Mandeh sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Oleh karenanya, kesemua upaya pengembangan destinasi di kawasan harus menjadi kesatuan pembangunan kepariwisataan berbasis konservasi maupun edukasi di Pessel," ujarnya 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube