Headline News

header-int

Kecamatan Airpura Waspada IVA

Selasa, 09 Apr 2019, 19:53:19 WIB - 75 | Elfi Mahyuni, SH
Kecamatan Airpura Waspada IVA

Pesisir Selatan --- Kecamatan Airpura Kabupaten Pesisir Selatan  dinilai dalam lomba Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) atau Lomba Gerakan PKK Pokja IV tingkat Kabupaten Pessel Selasa (9/4). 

Dipilihnya Kecamatan Airpura dikarenakan tingginya cakupan pelayananan IVA test di daerah tersebut dalam pencegahan sedini mungkin terhadap penyakit Kanker Serviks.

Kepala Dinas Kesehatan Pessel Satria Wibawa mengatakan, lomba IVA test ini dilakukan dalam rangka memberikan semangat serta motivasi bagi masyarakat khususnya kaum perempuan berusia 30-50 tahun untuk terus menjaga perilaku hidup sehat. Khususnya peduli terhadap kesehatan mulut rahim.

"Jadi lomba IVA test ini bukan semata untuk ajang mencari yang terbaik, namun lebih dari itu bagaimana semua masyarakat dapat melaksanakan IVA test secara berkesinambungan. Sehingga masyarakat khususnya kaum wanita dapat memahami pentingnya pemeriksaan IVA test sebagai deteksi dini pencegahan Kanker Serviks," jelasnya.

Ia menginformasikan, faktor-faktor penyebab utama kanker serviks dikarenakan pola hidup yang salah. Antara lain seperti aktivitas seksual sebelum usia 20 tahun, berganti-ganti pasangan seksual, terpapar infeksi yang ditularkan secara seksual atau faktor keturunan dan juga merokok.

Camat Airpura menjelaskan pihaknya terus berupaya melakukan penyuluhan, sosialisasi dan menggerakan masyarakat untuk IVA test ini. Menyebutkan, semenjak ditetapkannya mewakili dan menjadi yang terbaik pihaknya didukung oleh semua elemen mulai melakukan sosialisasi terkait pentingnya IVA test yang dimentori Ketua TP-PKK Kecamatan  bersama para kader, tenaga-tenaga kesehatan dan pakar-pakar medis serta pihak terkait lainnya.

"kita optimis dalam penilaian ini, yaitu dengan mematangkan dan menyiapkan beberapa indikator penilaian. Di antaranya tingkat partisipasi masyarakat untuk menyukseskan program IVA test baik dari segi promosi dan inovasi yang didukung dunia usaha untuk mengajak warga memeriksakan IVA test. Kemudian terkait keaktifan kader, kehadiran dan keterlibatan warga dalam mencegah penyakit berbahaya tersebut," tutupnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube