Headline News

header-int

Kecamatan Di Pessel Bertambah

, 03 Agustus 2012, 08:36:00 WIB - 607 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan,Agustus 2012

Kabupaten Pesisir Selatan sekarang telah memiliki 3 kecamatan baru,jumlah kecamatan di kabupaten ini sekarang 15 kecamatan. Akibatnya pemekaran Kabupaten baru (Ranah Indo Jati ) yang selama ini diinginkan masyarakat tinggal selangkah lagi.

Kecamatan yang dimekarkan itu adalah pemekaran dari kecamatan Pancung Soal, Basa Ampek Balai Tapan dan Lunang Silaut dan hasil pemekarannya adalah kecamatan Air Pura,Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan dan Kecamatan Silaut.Perda tentang pemekaran itu telah disyahkan pada rapat paripurna Senin (16/7) lalu.

Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit mengungkapkan terkait pemekaran kecamatan yang dilakukan dikabupaten ini telah mendapat persetujuan dari Kemendagri dengan telah keluarnya nomor registrasinya.

"Dengan telah keluarnya nomor registrasi maka Pemkab akan segera melakukan pembenahan dikecamatan baru itu , termasuk pemekaran kabupaten Pessel didaerah yang telah dimekarkan kecamatannya," ujarnya.

Untuk keeseriusan Pemkab akan pemekaran Kabupaten dengan mengambil langkah-langkah persiapan pemekaran kabupaten diantaranya, melakukan sosialisasi tentang tata cara dan aturan main pemekaran kabupaten sesuai PP 78 tahun 2007 kepada semua pihak terkait. 

Maka tahap selanjutnya tinggal langkah pemekaran kabupaten.,Akan tetapi syarat untuk bisa pemekaran harus dipenuhi ,diantaranya syarat fisik kewilayahan, jumlah penduduk 2.500 jiwa atau 500 kk dengan pengecualian atas pertimbangan faktor luas wilayah (minimal 15 Km2)(07)(07) 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube