Headline News

header-int

Kelompok Wanita Tani Mekar Sari Kembangkan Rumah Bibit Buah Dan Sayur

Selasa, 31 Agustus 2021, 16:29:33 WIB - 352 | Kontributor : Marlison
Kelompok Wanita Tani Mekar Sari Kembangkan Rumah Bibit Buah Dan Sayur

Pesisir Selatan-Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Sari, Nagari Inderapura Utara, Kecamatan Air Pura, kini telah memiliki satu unit rumah bibit yang terletak di Kampung Lubuk Betung Tengah. Demikian dikatakan Walinagari Inderapura Utara, Ahmad Zuhri, Selasa (31/8).

Disebutkan, rumah bibit tersebut diperuntukkan khusus untuk menanam bibit tanaman buah dan sayuran, yang nantinya dipindahkan ke kebun milik KWT Mekar Sari Nagari Inderapura Utara tersebut.

"Kami selaku pemerintah nagari sangat mendukung kreatifitas ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani Mekar Sari dalam mengembangkan pembibitan tanaman buah dan sayuran. Semoga diusahakan itu sukses hendaknya dan dapat menjadi contoh bagi Ibu-ibu lainnya," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan, Nuzirwan mengatakan, walinagari hendaknya memberdayakan KWT yang ada dalam upaya peningkatan ekonomi keluarga di tengah Pandemi Covid-19. 

"Di setiap nagari telah ada KWT, tinggal bagaimana walinagari memberdayakan KWT tersebut, khususnya dalam upaya pemanfaatan lahan terlantar untuk ditanami berbagai komoditi pertanian yang punya nilai ekonomis," katanya.

Menurutnya, lahan terlantar bisa ditanami dan haasilnya dikonsumsi keluarga, dan dijual untuk menambah pendapatan ekonomi keluarga di saat Pandemi Covid-19 ini. 

Dikatakan, selain peran walinagari melakukan pemberdayaan, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan serta Dinas Pangan juga melakukan pembinaan dan bimbingan terhadap KWT. "Sebab, KWT juga memiliki peran penting dalam pembangunan pertanian di nagari," katanya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube