Headline News

header-int

Kemendagri lakukan Vicon dengan Pemda Pesisir Selatan

Senin, 06 April 2020, 09:15:46 WIB - 158 | Kontributor : Riva Endra, S.Kom
Kemendagri lakukan Vicon dengan Pemda Pesisir Selatan

Pesisir Selatan, - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) lakukan video conference (Vicon) dengan Pemerintah Daerah Kabuapten Pesisir Selatan, Jumat (3/4/2020) bertempat di Gedung Painan Covention Center (PCC).

Sebagaimana diketahui vicon yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia dengan Pemerintah Kab/ Kota seluruh Indonesia dilakukan secara serentak guna penanggulangan dan pencegahan wabah virus Covid 19.

Hal tersebut diungkapkan Plt Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI Drs. Akmal Malik, M. Si dalam pesan audio visualnya mengungkapkan sesuai arahan Menteri Dalam Negeri bahwa Pemerintah Daerah Kab/ Kota harus melakukan efisiensi terhadap semua anggaran belanja daerah dan mengalokasikannya untuk pencegahan dan penanggulangan covid 19 didaerah masing-masing.

“Efisiensi semua anggaran biaya belanja daerah dan gunakan untuk penanganan pencegahan dan penanggulangan covid19, khususnya untuk belanja modal, bimtek, sosialiasasi, dan lainnya, DAK, DAU kalau bisa ditiadakan dan digunakan untuk kegiatan covid19,” jelasnya.

Dilanjutkannya dalam penyusunan anggaran harus dilakukan dengan secepatnya.

“Penyusunan anggaran penanggulangan dan pencegahan covid 19 dilakukan dalam tempo 7 (tujuh) hari, dan tanpa pembahasan dengan anggota DPRD, cukup diketahui oleh ketua DPRD,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Pesisir Selatan H. Hendrajoni, SH, MH yang didampingi Kepala Perangkat Daerah daerah setempat mengungkapkan beberapa kebijakan pencegahan dan penanganan sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan.

“Beberapa kebijakan sudah dilakukan Pemkab Pesisir Selatan diantaranya pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, meliburkan siswa dan mahasiswa serta ASN dari kecamatan Koto XI Tarusan, mengadakan Posko Covid 19 yang bertempat di Gedung PCC dan daerah perbatasan, melakukan pemeriksaan terhadap pengunjung dari daerah lain, melakukan karantina terhadap ODP sekaligus menyiapkan anggaran untuk pencegahan dan penanganan covid 19,” tutupnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube