Headline News

header-int

Kemendikbud Rilis Aplikasi Dapokdidasmen Versi 2019.09.01

Sabtu, 14 Sep 2019, 14:56:27 WIB - 71 | Kontributor : Riva Endra, S.Kom
Kemendikbud Rilis Aplikasi Dapokdidasmen Versi 2019.09.01

Painan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah selesai mengembangkan dan menguji Sistem Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan Tahun 2019 versi 2019.09.01 untuk Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah yang telah dirilis pada tanggal 9 September 2019.

Sistem Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan Tahun 2019 versi 2019.09.01 tersebut dikembangkan guna mendukung proses penjaminan mutu yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Ajaran 2019/2020.

Pada aplikasi tersebut juga terdapat beberapa aplikasi utama yang dapat dibuka pada tautan di bawah ini pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id, yang berisi informasi seputar Pemetaan Mutu Pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah, selanjutnya PMP Online (EDS Daring) melalui tautan pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:1745. Untuk login mempergunakan akun Dapodik Sekolah, begitu juga dengan manajemen PMP denga tautan pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:2019 dengan Login menggunakan akun Dapodik Dinas dan LPMP serta untuk supervisi Mutu PMP dengan tautan pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:8881 sedangkan untuk login khusus akun Pengawas menggunakan NIP.

Hal tersebut diungkapkan Admin PMP Dikdasmen Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pessel Gusmanelly mangatakan terdapat lima aplikasi utama pada SAPMP tahun 2019 verisi 2019.09.01.

“Sebagai catatan untuk Aplikasi EDS Daring sudah menggunakan instrumen 2019 dan dapat diunduh pada menu Pusat Unduhan sedangkan aplikasi Manajemen PMP diperuntukkan kepada Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten Kota, serta LPMP dalam rangka mengelola pelaksanaan PMP, juga memberikan kontribusi informasi dan berbagi praktik baik yang akan dimuat pada laman PMP. Selain itu dapat digunakan untuk mengelola dan memantau pengawas dan progres PMP sekolah binaannya, “ jelasnya.

Dilanjutkannya sedangkan Aplikasi Supervisi Mutu digunakan khusus oleh Pengawas dalam mengelola data kunjungan supervisi dan verval mutu sekolah binaannya serta EDS pada saat ini hanya tersedia pada mode Daring (Online) dan akun yang digunakan semuanya bersumber dari Dapodik untuk Kepsek, PTK dan peserta didik, terkecuali Komite Sekolah ditambahkan pada aplikasi.

Sementara itu untuk EDS Offline masih dalam masa pengembangan sambil dilakukan penyempurnaan pada aplikasi sedangan untuk Portal Simulasi Bimtek Pemetaan Mutu Fasilitator Nasional akan ditutup untuk sementara.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube