Headline News

header-int

Kepala Distanhortbun Lakukan Panen Raya Jagung Kelompok Tani Mekar Jaya Inderapura Utara

Rabu, 29 September 2021, 14:26:00 WIB - 588 | Kontributor : Marlison
Kepala Distanhortbun Lakukan Panen Raya Jagung  Kelompok Tani Mekar Jaya Inderapura Utara

Pesisir Selatan-Bupati Pesisir Selatan diwakili Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Nuzirwan melaksanakan panen raya jagung nusantara pada Kelompok Tani Mekar Jaya, Nagari Inderapura Utara, Kecamatan Airpura, Rabu (29/9). 

"Ya, panen raya jagung nusantara itu juga dizoom meetingkan dengan Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia. Panen raya yang dilakukan pada lahan Kelompok Tani Mekar Jaya, Nagari Inderapura Utara, Kecamatan Airpura  tersebut seluas 250 hektare," ungkap Nuzirwan.

Ia menyebutkan, hasil ubinan didapatkan produktivitas jagung pipilan 10,856 ton per hektare. "Mudah-mudahan produksi jagung di Kabupaten Pesisir Selatan dengan harga saat ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan bersinergi dengan visi dan misi Bupati Rusma Yul Anwar dan Wabup Rudi Hariyansyah," katanya.

Disampung itu menurutnya, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan juga melakukan gerakan tanam jagung dalam mendukung swasembada pangan berkelanjutan di daerah ini. "Untuk meningkatkan ekonomi keluarga, maka petani diminta tidak terpaku dengan satu komodoti saja seperti padi, tetapi juga mengembangkan komoditi lain salah satunya jagung. Soalnya, selain harga jagung sangat menjanjikan, tanaman jagung ini juga mudah dirawat dan rendah biaya produksi," sebutnya.

Dikatakan, masyarakat petani diminta mengolah lahan tidur agar tetap menjadi produktif. Lahan tidur muncul akibat kekeringan pada lahan sawah tadah hujan, tetapi bisa dimanfaatkan untuk tanaman jagung.

"Jagung bisa menjadi alternatif pada lahan tidur, terutama bekas sawah tadah hujan yang sudah mengalami kekeringan. Saat ini jagung memiliki pasar yang jelas dan kestabilan harga cukup terjamin. Ini dikarenakan tingkat permintaan jagung pipilan yang masih cukup tinggi,"  terangnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube