Headline News

header-int

Ketua TP PKK Lisda Hendrajoni harapkan Promosi Batik Lumpo Batik Khas Pesisir Selatan

Selasa, 05 Februari 2019, 10:09:18 WIB - 484 | Kontributor : Rega Desfinal

Pesisir Selatan, 05 Februari 2019--Ketua TP. PKK Kabupaten Pesisir Selatan Lisda Hendrajoni mengajak seluruh masyarakat bersama OPD terkait bisa ikut mempromosikan batik loempo, sebagai khasana batik khas yang berasal dari Kabupaten Pesisir Selatan.

" Batik Loempo ini kualitas dan seni batik tidak kalah dengan batik - batik di Daerah lainya di Indonesia, kita harus bangga memiliki Batik Loempo ini," kata Lisda.

Untuk mempromosikan keberadaan batik loempo ini bukan semata menjadi tanggung jawab dari Pemkab Pesisir Selatan ataupun PKK saja, ini juga perlu didukung dari masyarakat bersama - sama mengenalkan batik loempo. Jika bukan kita sebagai masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan, siapa lagi yang akan bangga dengan budaya kita sendiri. Ujar nya.

Di tuturkan Lisda hendrajoni , batik loempo Kabupaten Pesisir Selatan ini beberapa bulan yang lalu juga ikut tampil pada ajang Promosi Indonesia Modest Fashion Week 2018 di JCC, dari tanggal 3-5 Okotober 2018.tahun lalu Di ikuti Negara Muslim Negara Tetangga.

Batik Loempo goresan putra putri Lumpo Kabupaten Pesisir Selatan ini dipajang dan ditunjukan dalam sebuah ajang yang berskala Nasional, bahkan Internasional selama 5 hari. Dengan disaksikan dan dihadiri duta besar dari Negara Tetangga, serta Menteri.

Lisda menjelaskan bawah batik loempo Generasi ke 4 Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Adapun maksud dan tujuan keikut sertaan Batik Loempo generasi Ke-4 Kabupaten Pesisir Selatan ini, memperkenalkan batik pasisie (batik Loempo) ini ke Nasional dan manca negara,  serta ikut mensukseskan pencanangan 2020 Indonesia sebagai Pusat Mode Busana Muslim Dunia. Keindahan Warisan sepanjang Pesisir Indonesia.

Dan pada penampilan Fashion kali itu Lisda Hendrajoni melibatkan 22 orang designer, serta 10 gaun batik liek loempo. Warisan kabupaten Pesisir Selatan. Tekuk Ketua TP.PKK Pessel.

" dari Pessel Designernya Ibuk Novia Hertini, dengan menampilkan 10 gaun, yang bermotif Batik Loempo. Terang Lisda.

Ia berharap dengan keikut sertaan batik loempo pada ajang ini, bisa mempromosikan lagi khasana budaya Kabupaten Pesisir Selatan, baik itu Batik Loempo, Kuliner dan Pariwisatanya. " jika, bukan kita yang mencintai produk lokal Pessel, Sumbar ".

Untuk itu Lisda mengajak dan berharap dukungan  masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan bisa sama - sama mencitai dan bangga dengan khasana budaya di Kabupaten Pesisir Selatan. Dan, bersama - sama ikut mempromosikan potensi keindahan dan khasana yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan. Kata Lisda Hendrajoni(11)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube