Headline News

header-int

Ketua TP.PKK Lisda Hendrajoni, dukung Parade Tangkuluak di Pessel

Jumat, 14 Desember 2018, 08:13:49 WIB - 335 | Kontributor : Mario Rosy
Ketua TP.PKK Lisda Hendrajoni, dukung Parade Tangkuluak di Pessel

Pesisir Selatan, 14 Desember 2018

Parade Tangkuluak di adakan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, melalui  Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, di pantai muaro banting Nagari Pulau Karam Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan, mendapat dukungan Ketua TP.PKK Pessel Lisda Hendrajoni. Jumat (14/12).

Menurut Ketua TP.PKK Pessel Lisda Hendrajoni menuturkan, sebagai orang minang kabau seharusnya budaya yang ada di Sumatera Barat harus kita dukung, salah satunya parade Tangkuluak di adakan oleh Pemkab Pessel. Budaya Tangkuluak ini harus di lestarikan sebagai salah satu wadah mengenalkan potensi pariwisata dari sisi budayanya.

" Acara nya dilaksanakan tanggal 17 Desember 2018, di pantai muaro banting Nagari Pulau Karam Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan, " terang nya.

Dikatakan Nya, pada parade Tangkuluak nantinya akan di konsep panitia pelaksana dengan sebuah skenario rapat musyawarah nagari yaitu proses makan bajambah. Berdasarkan Adat Bersandi Sarak, Sarak bersandi Kitab Bulloh. Selain, mengenalkan potensi pariwisata, perlu kita tonjolkan potensi budaya. Jadi budaya yang kita kedepankan.

Dan, untuk itu setiap nagari menampilkan Parade Tangkuluak sesuai dengan budaya yang ada di Nagarinya. Kata Nya.

" Kita harapkan ada nilai jual sekaligus memperkanalkan Budaya Minang ke luar, khususnya ke kalangan generasi muda," ujar Lisda.

Untuk itu rapat teknis kali ini cukup perlu di lakukan agar pada pelaksanaan parade Tangkuluak yang menjadi agenda di Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga bisa berjalan sukses. Kedepan, Mawardi akan melaksanakan event-event budaya dalam mempromosikan pariwisata dan budaya di Kabupaten Pessel. Akhirnya. (01)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube