Headline News

header-int

Koordinasi Program Kabupaten Sehat Melibatkan Lintas Sektor dan Peran Aktif Masyarakat

Selasa, 08 Oktober 2019, 12:06:08 WIB - 329 | Kontributor : Marlison
Koordinasi Program Kabupaten Sehat Melibatkan Lintas Sektor dan Peran Aktif Masyarakat

Pesisir Selatan-Koordinasi Program Kabupaten Sehat di Pesisir Selatan mesti melibatkan lintas sektor dengan pembagian tugas-tugas indikator pokok, indikator umum serta indikator khusus harus jelas sesuai dengan Tupoksinya masing-masing dan peran aktif masyarakat. Hal itu disampaikan Sekda Pessel, Ir.Erizon, MT, Selasa (8/10).

Dikatakan, semua perangkat daerah harus terlibat dan turut memberikan dukungan terhadap program kabupaten sehat tersebut. Lebih lanjut dikatakan, penerapan Kabupaten Sehat di daerah sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 dan 1138 Tahun 2005.

"Tujuan dari Kabupaten/ Kota Sehat sendiri adalah tercapainya kondisi Kabupaten/Kota untuk hidup dengan bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni dan bekerja bagi warganya dengan terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain, sehingga dapat meningkatkan sarana dan produktifitas dan perekonomian masyarakat," ungkapnya.

Sementara Kadis Kesehatan, dr.Satria Wibawa mengungkapkan, ada 9 indikator tatanan kabupaten/ kota sehat, yakni pertama kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum. Untuk itu seluruh instansi terkait di Pemkab Pessel akan dilibatkan. Kedua, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi. Ketiga, kawasan pertambangan sehat.

Dilanjutkannya keempat kawasan hutan sehat. Kelima, kawasan industri dan perkantoran sehat. Keenam, kawasan pariwisata sehat. Ketujuh, kawasan pangan dan gizi. Delapan, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri. Sedangkan kesembilan, kehidupan sosial yang sehat.

"Tatanan yang kita lakukan sudah ada dari sembilan tatanan yang sesuai  dengan indikator kabupaten/ kota sehat kita bungkus dalam bentuk Forum Kabupaten Sehat yang anggotanya Kepala Dinas dan Kepala Badan yang ada di Pessel," tambahnya.

Disebutkan, suatu daerah bisa ditetapkan sebagai Kabupaten/ Kota Sehat jika telah melakukan tiga gerakan, yakni Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), dan SDGs (Sustainable Development Goals) atau sebuah program tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB).

Selanjutnya, pelibatan masyarakat aktif merupakan kunci keberhasilan Kabupaten/Kota Sehat dan komitmen yang tinggi harus disertai dengan penguatan kapasitas SDM  tim pembina dan Forum.

“Pembangunan Kesehatan dilaksanakan oleh semua komponen bangsa dalam rangka mencapai tujuan kesehatan yaitu untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis," ungkapnya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube