Headline News

header-int

Kunjungan Wisatawan Menurun, Pemkab Pessel Lakukan Inovasi dan Penambahan Ivent di Kawasan Wisata

Selasa, 08 Jan 2019, 18:08:55 WIB - 57 | Indra Yen Putra
Kunjungan Wisatawan Menurun, Pemkab Pessel Lakukan Inovasi dan Penambahan Ivent di Kawasan Wisata

Pesisir Selatan --Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) lakukan inovasi dan penambahan event di beberapa kawasan wisata, guna meningkatkan kunjungan wisatawan didaerahnya.

Pasalnya, dari beberapa tahun ini terjadinya penurunan para wisatawan yang berkunjung di beberapa kawasan wisata Pessel. Seperti, Carocok Painan dan Mandeh yang menjadi kawasan wisata unggulan daerah tersebut.

Hal itu dikatankannya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pessel, Hadi Susilo, menurunnya tingkat pengunjung untuk berwisata kedaerahnya terjadi semenjak beberapa tahun ini.

"Dari tahun 2017 dan 2018 para wisatawan mulai berkurang mengunjungi dua wisata unggulan daerahnya Carocok Painan dan Mandeh,"sebutnya pada Pesisirselatan.co.id di Painan. Selasa, (8/1/2018)

Menurutnya, berkurangnya para wisatawan yang berkunjung ke daerahnya dapat dilihat dari tidak terpenuhinya target pendapatan dari sektor pariwisata.

"Targetnya pada tahun 2018 pendapatan dari sektor wisata Rp2,75 Miliar sedangkan realisasinya, hanya 5,5 persen,"katanya 

Ditambahkannya, untuk itu kita harus berinovasi dengan mengadakan event-event disetiap kawasan wisata. Selain dari event besar yang telah ditetapkan seperti Festival Langkisau dan Festival Mandeh.

"Jadi, selain dari event besar tersebut kita butuh event-event menarik dan cukup sederhana tapi memiliki daya tarik bagi distinasi wisata yang kita miliki,"ungkapnya

Lanjutnya ia mengatakan, selain event-event menarik, pihaknya juga akan mengembangkan spot-spot selfie yang juga menjadi daya tarik para pengunjung, terkusus untuk kaum milinial.

"Maka dengan itu, wisata kita memiliki suatu daya tarik dan khas tersendirinya. Dibandingkan dengan wisata-wisata lainnya. Sehingga tingkat pengunjung kembali meningkat dan merasa ada hal yang baru ketika ia ingin ke tempat kita,"tutupnya

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube