Headline News

header-int

Lahan Sawah Beririgasi Seluas 21.890 Ha Dioptimalisasi Untuk Genjot Produksi Padi

Rabu, 11 Sep 2019, 08:30:22 WIB - 9 | Kontributor : Marlison
Lahan Sawah Beririgasi Seluas 21.890 Ha Dioptimalisasi Untuk Genjot Produksi Padi

Pesisir Selatan-Lahan sawah beririgasi seluas 21.890 hektare yang tersebar di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan dioptimalisasi untuk menggenjot produksi padi yang menjadi sumber ekonomi masyarakat. Demikian dikatakan Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pessel, Nuzirwan, Rabu (11/9).

Dikatakan, lahan sawah beririgasi itu tetao mendapat perhatian, dimana pemkab mengupayakan lahan tersebut digarap secara maksimal untuk tanaman padi yang pada gilirannya meningkatkan ekonomi masyarakat Pesisir Selatan.

Selain itu, pihaknya terus melakukan peningkatan kapasitas PPL yang ada di setiap kecamatan melalui training, sehingga dapat melaksanakan tugas dan fungsi sebagai mestinya.

Lebih lanjut menurutnya, sejauh ini sektor pertanian masih menjadi basis ekonomi masyarakat Pesisir Selatan. Sebab, daerah ini memiliki lahan pertanian yang cukup luas, dan sebagian besar masyarakatnya berusaha di sektor pertanian.

“Sektor pertanian juga mempunyai peran penting dalam sumbangan ekonomi serta penguatan pangan masyarakat selama ini,” ungkap Nuzirwan.

Disebutkan, pembangunan pertanian di Pesisir  Selatan diperlukan percepatan baik melalui alih teknologi, perluasan areal tanam, pembinaan sumberdaya masyarakat dan lainnya.

Disamping itu perlu dilakukan penyebaran informasi penyuluhan tentang perkembangan inovasi teknologi, harga pasar, permodalan, iklim, serangan hama serta kebijakan pembangunan yang berpihak kepada masyarakat.

“Kita berharap setiap program yang dilaksanakan tahun ini, dan kedepannya dapat memacu perkembangan sektor pertanian. Itu sangat dipengaruhi oleh kinerja petugas mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan sampai kepada petugas di lapangan. Dalam hal ini juga diharapkan perubahan sikap dan pola pikir masyarakat untuk mau dan mampu meningkat taraf hidupnya ke arah yang lebih baik,” ucapnya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube