Headline News

header-int

Laskar Turtle Camp Ampiang Parak Fokus Edukasi Generasi Muda Untuk Peduli Lingkungan

Jumat, 14 Desember 2018, 14:30:33 WIB - 217 | Kontributor : Marlison

PESISIR SELATAN, 14/12/2018-Laskar Turtle Camp (LTC) Ampiang Parak, Kecamatan Sutera tahun 2019 fokus mengedukasi generasi muda untuk peduli pada lingkungan, dan betapa pentingnya upaya pelestarian vegetasi laut. Hal itu dikemukakan Ketua LTC Ampiang Parak, Haridman, Jumat (14/12).

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya juga konsisten melakukan kegiatan konservasi penyu. Saat ini, penyu sudah sering bertelur, dan kemudian dilokalisasi tempat penetasannya, sehingga secara periodik bisa didata jumlah tukik yang lepas ke laut bebas.

Kemudian wisatawan difasilitasi untuk bisa menyaksikan hewan konservasi ini. Hal itu bagian dari upaya sosialisasi dan edukasi sehingga wisatawan memiliki pengetahuan terhadap sumberdaya kelautan disamping penyu yang sudah ditetapkan sebagai hewan langka yang dilindungi.

Untuk sampai ke lokasi wisatawan diantar menggunakan fasilitas penyeberangan yang disediakan secara cuma-cuma.

"Selama ini fasilitas seperti bangunan, umbul-umbul, baliho termasuk perahu penyeberangan merupakan hibah atau bantuan dari instansi perikanan dan kelautan, mulai dari kementerian, BPSBL Sumbar, DKP Provinsi, DKP Pessel dan komunitas peduli lingkungan baik dalam maupun luar negeri," sebutnya.

Pada Sabtu dan Minggu atau pada senja hari, lokasi itu mendadak ramai. Bahkan, pihaknya agak kewalahan untuk menyeberangkan wisatawan, mengingat kapasitas perahu yang terbatas.

Kelompok ini juga memperoleh bantuan sarana dan prasarana dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI tahun anggaran 2018, berupa pembangunan Pos Jaga/Pantau, Handy Talky, Infokus dan Sound System.

Menurut Haridman penerima Kalpataru 2018 tingkat provinsi itu, bantuan tersebut sangat berguna untuk kelancaran pengawasan penyu bertelur, patroli, pengeras suara untuk edukasi tentang penyu dan bioata laut lainnya bagi siswa dan mahasiswa yang melakukan studi lapangan ke lokasi konservasi tersebut. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube