Headline News

header-int

LAYANAN DUKCAPIL PESISIR SELATAN JADI MODEL DI INDONESIA

Sabtu, 09 Februari 2019, 09:18:41 WIB - 2220 | Kontributor : Riva Endra, S.Kom
LAYANAN DUKCAPIL PESISIR SELATAN JADI MODEL DI INDONESIA

Bupati Pesisir Selatan, H.Hendrajoni menerima penghargaan Dukcapil Kategori Khusus dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) atas dukungan kebijakan dan implementasinya yang dapat mengungkit pemanfaatan data dan pelayanan Dukcapil skala besar. Penghargaan tersebut diserahkan Mendagri, Tjahjo Kumolo diwakili Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh, Kamis (7/2) malam di Four Points By Sherator Makassar, Sulawesi Selatan.

Penghargaan bergengsi tingkat nasional itu merupakan implementasi dari komitmen Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dalam mengoptimalkan konsep pelayanan prima menjadi model yang diterapkan guna meningkatkan kualitas dalam pelayanan publik. Salah satu bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Disdukcapil dalam mewujudkan pelayanan publik yang baik tersebut adalah dengan menerapkan kebijakan pembentukan Unit Kerja Layanan (UKL) disetiap kecamatan yang didasari Peraturan Daerah No.7 tahun 2017 tentang Perubahan Peraturan Daerah No.10 tahun 2011 tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan dan Peraturan Bupati Pesisir Selatan No.24 tahun 2017 tentang Unit Kerja Layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan.

Dengan pembentukan UKL itu dapat memberikan pelayanan dengan akses layanan yang lebih dekat, cepat, mudah, berkeadilan dan melebihi standar pelayanan yang ada. Kemudian, Disdkucapil memaksimalkan berbagai inovasi aplikatif administarasi kependudukan dengan komitmen pelayanan membahagiakan masyarakat. Salam Sapa ke Pintu Rumah, Layanan Berputar (Berkeliling Kampung Jemput Antar), Layanan Turut Berduka (Layanan Turun ke Rumah Duka) memberikan dokumen kematian, Layanan Pass Nikah (Pemberian Administrasi Status Saat Pernikahan) berikutnya, Lado Kutu (Pelayanan Dengan Melakukan Kerjasama Dengan Lembaga Pelayanan Publik), Layanan Sehat (Layanan Semoga Cepat Sehat), Layanan THR (Layanan Terpadu Hari Raya), Layanan Selamat Lahir (Layanan Setelah Lahir Mendapat Akta Kelahiran) dan Layanan Jebol Per Siswa ( Layanan Jemput Bola Perekaman Siswa), sebutnya.

Selanjutnya, inovasi pelayanan Salam Sapa ke Pintu Rumah yakni petugas mendatangi kelompok penduduk yang mempunyai keterbatasan fisk dan kesehatan serta tercatat kurang peduli dengan dokumen kependudukan dengan melayani penerbitan dokumen kependudukan.

Layanan Berputar adalah petugas UKL yang dilengkapi sarana kendaraan roda dua turun setiap hari ke kampung-kampung mendatangi dan menjemput penduduk yang mengalami keterbatasan untuk mengurus dokumen kependudukan seperti penduduk Manula, ODGJ atau penyandang disabilitas.

Layanan Turut Berduka adalah petugas UKL atau diwakili  Register Kampung akan langsung mendatangi rumah duka untuk melayat dan melengkapi dokumen-dokumen pendukung untuk pencatatan peristiwa kematian dan penerbitan dokumen Akta Kematian. Layanan Pass Nikah merupakan hasil kerjasama dengan Kemenag dan KUA khusus melayani penerbitan dokumen kependudukan terhadap pasangan nikah.

Layanan Lado Kutu adalah kerjasama pelayanan antara Disdukcapil dengan beberapa unit kerja pemerintah seperti RSUD Dr.M.Zein Painan, Kemenag, Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan BPJS yang memberikan pelayanan terpadu kepada masyarakat.

Layanan Sehat adalah kerjasama Disdukcapil dengan RSUD Dr.M.Zein Painan dan BPJS yang dituangkan dalam bentuk dokumen perjanjian kerjasama pelayanan. Layanan ini diberikan khusus kepada pasien rawat jalan atau rawat inap. Layanan THR difokuskan melayani masyarakat perantau yang pulang kampung saat hari raya, sekaligus ingin mengurus dokumen kependudukannya.

Layanan Selamat Hari Lahir merupakan pelaksanaan dari perjanjian kerjasama pelayanan dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas yang ada dalam memberikan dokumen Akta Kelahiran kepada ibu yang baru melahirkan di Puskesmas. Berikutnya, Layanan Jebol Per Siswa merupakan layanan dalam rangka penyelesaian perekaman KTP Elektronik terhadap penduduk wajib KTP kategori penduduk pemula. Pelaksanaan layanan itu bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta SLTA yang ada di Pesisir Selatan.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube