Headline News

header-int

Mahasiswa UNP Akan Gelar Baksos Di Kawasan Pantai Pinus Kapuh

Kamis, 28 Maret 2019, 10:11:19 WIB - 506 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Mahasiswa UNP Akan Gelar Baksos Di Kawasan Pantai Pinus Kapuh

Pesisir Selatan -- Himpunan Mahasiswa Jurusan Sendratasik FBS UNP akan melaksanakan Bakti sosial mahasiswa di Kawasan Pantai Pinus Kapuh (Panpika) Kenagarian Kapuh selama 3 hari mulai tanggal 5 April hingga 7 April 2019 mendatang.

Kegiatan bakti sosial ini juga diisi dengan berbagai kegiatan lainnya diantaranya membersihkan pasir di jalan menuju Kawasan Pantai yang tertimbun pasir akibat abrasi. Workshop untuk siswa SMP dan pergelaran tari tradisi massal Rantak Kudo.

Pembina HIMA yang juga panitia kegiatan Dra. Nerosti, M. Hum. Ph. D Rabu (27/3) mengungkapkan kegiatan ini sengaja dilakukan untuk membersihkan Kawasan Wisata Panpika dari pasir akibat abrasi dijalan menuju lokasi wisata dan membersihkan pantai dari sampah .

"Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel,Pihak Kenagarian dari Kecamatan sehingga kegiatan ini bisa dilaksanakan nantinya. Menjelang kegiatan survei dan koordinasi telah dilakukan agar kegiatan ini bisa berjalan lancar," ujarnya

Dijelaskannya Kegiatan bakti sosial ini mengajarkan kepada mahasiswa ataupun masyarakat sekitar untuk saling peduli, mewujudkan rasa cinta kasih, dan saling menolong bagi mereka yang membutuhkan uluran tangan. Dalam kegiatan bakti sosial akan mendapatkan banyak pelajaran, terutama pada lingkungan masyarakat.

"Kita berharap setelah bakti sosial ini keindahan Kawasan Pantai Pinus Kapuh bisa kembali dilirik wisatawan sebab dampak abrasi pantai kawasan ini sulit dilalui padahal keindahan pantai ini sungguh mengesankan," ujarnya

Walinagari Kapuh Kecamatan Koto XI Tarusan Ezman Rabu (27/3) mengungkapkan apresiasi atas kepedulian Himpunan Mahasiswa Sendratasik UNP untuk mengadakan Bakti Sosial membersihkan pasir disepanjang jalan menuju kawasan yang telah ditutup akibat abrasi.

Diterangkannya Pantai Pinus Kapuh ini terkenal dengan pantainya yang indah dan jarak dari kota Padang Sekitar ± 65 Km, dengan lama perjalanan 1,5 jam. Pantai Pinus Kapuh dikenal oleh masyarakat Tarusan dan di Pantai ini kita bisa melakukan olah raga, memancing dan bersantai dan berkemah.

Pantai pinus memiliki hamparan pantai yang panjang sekitar 1 Km dan disepanjang pantai ini ditumbuhi cemara cemara laut yang menawarkan keindahan tersendiri. Bahkan tidak jauh dari pulau ini ada beberapa pulau kecil . Suasana di Pantai ini akan terasa semakin menawan ketika senja hari. Matahari tenggelam terlihat indah didepan pantai ini. Melihat potensi yang dimiliki oleh pantai ini, tidak berlebihan apabila dikatakan bahwa keindahan pantai kawasan ini setara dengan pantai Bali atau Fort Diction di Seremban Malaysia.

"Kita berharap setelah adanya kegiatan Baksos ini, kawasan Pantai Pinus Kapuh bisa dibuka kembali untuk wisatawan yang ingin berkunjung, sebab terbukanya kawasan wisata akan membawa dampak positif khususnya dibidang ekonomi bagi masyarakat," ujarnya

Ezman juga berharap selain kegiatan Baksos, Pemkab Pessel bisa membangun pengaman pantai dan akses jalan menuju kawasan sebab setelah abrasi untuk menuju kelokasi wisataini sulit dilalui oleh kendaraan.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube