Headline News

header-int

Masyarakat nagari Pancung Taba mulai bergairah harga casiavera naik dipasaran

Jumat, 11 Jan 2019, 13:53:40 WIB - 41 | M. Joni, S.H

Pesisir Selatan,11 Januari 2019- Masyarakat nagari Pancung Taba kecamatan Bayang Utara( Bayu) Pessel yang bergerak dalam sektor perkebunan casiavera( kulit manis) mulai bergairah serta tingginya permintaan dari konsumen, komodity yang menjadi andalan ekonomi keluarga ini mengalami kenaikan di pasaran dari Rp 25 ribu menjadi Rp 35 ribu perkg, kata wali nagari Edison di nagari setempat , Rabu (11/11)

Wali nagari Pancung Taba Edison, mengakui, komodity casiavera ( kulit manis) merupakan salah satu komodity unggulan nagari,meskipun tanaman ini usianya cukup panjang baru bisa dipanen, namun mayoritas kehidupan masyarakat berasal dari produksi tanaman ini.

Nagari Pangcung Taba kecamatan Bayang Utara Pessel yang berpenduduk 1313 jiwa mayoritas masyarakatnya mengandalkan hasil produksi komoditi casiavera, tanaman ini sangat cocok dengan kondisi daerah yang dikelilingi daerah perbukitan, tanahnya subur dan potensil dengan berbagai tanaman lainnya.

Kondisi ini dimamfaatkan oleh para petani dengan mengisi lahan perkebunan dengan tanaman casiavera, bawang merah, lobak, kentang,kopi dan buah kemiri artinya,para petani tidak hanya terfokus pada satu jenis tanaman saja, namun diselingi dengan tanaman lain yang menghasilkan.

Salah seorang petani Nagari Pancung Taba Marlis mengakui,harga casiavera saat ini cukup membuat para petani bergairah, diharapkan kenaikan harga beli oleh pedagang pengumpul akan lebih baik lagi dimasa mendatang.

Usaha lain, para petani Pancung Taba juga bergerak dalam usaha peternakan sapi unggul dengan jenis bibit Brahman dan Simental sebagai usaha sampingan dalam menambah penghasilan keluarga.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube