Headline News

header-int

Masyarakat Ampuan Lumpo Bangun Jalan Usaha Tani Hidupkan Ekonomi Masyarakat

Senin, 06 April 2020, 13:43:54 WIB - 386 | Kontributor : M. Joni, S.H
Masyarakat Ampuan Lumpo Bangun Jalan Usaha Tani Hidupkan Ekonomi Masyarakat

Pesisir Selatan --- Masyarakat dua nagari  di Kecamatan IV Jurai Pesisir Selatan yaitu, Nagari Ampuan Lumpo dan Nagari Gunung Bungkuk Lumpo berhasil membangun jalan usaha tani yang mampu  menghubungkan ke dua nagari  bertetangga tersebut, kata Wali Nagari Ampuan Lumpo, Syahrial R ,Senin ( 6/4)

Menurutnya, jalan usaha tani  yang dibangun itu sangat vital dalam peningkatan  perekonomian masyarakat, setidaknya melalui jalan tersebut hubungan ke dua nagari  bertetangga tersebut menjadi lancar, terutama  dalam pengangkutan hasil bumi  berupa, karet, kopi, kemiri dan lainnya.

"Pembangunan jalan usaha tani tersebut sudah lama didambakan oleh masyarakat, malalui  musyawarah dengan melibatkan semua unsur masyarakat di nagari tersebut, akhirnya  pembangunan jalan usaha tani yang didambakan oleh masyarakat dapat terwujud dengan memafaatkan Dana  Desa tahun 2019," ulasnya.

Pembangunan jalan usaha tani ini telah sesuai dengan (Rencana Pembangunan Jangka Menegah) RPJM Nagari Ampuan Lumpo yang kemudian dituangkan ke dalam Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Nagari Ampuan Lumpo Tahun 2019.

Salah seorang warga Ampuan Lumpo Wati (37)  mengakui, jalan usaha tani tersebut  sangat memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian masyarakat, dengan adanya jalan ini  kendala masyarakat dalam pengangkutan hasil bumi dapat diatasi, setidaknya mampu meringankan beban masyarakat  dalam masalah transportasi.

Selama ini, masyarakat terpaksa membawa hasil bumi  dengan tenaga manusia, kini dengan terbukanya jalan usaha tani tersebut, masyarakat  dapat mengangkut hasil bumi mengunakan kendaraan roda dua  maupun roda ampat artinya, biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat  akan lebih murah dibandingkan  mengunakan tenaga manusia dalam  masalah  transportasi.

Sementara itu, Wali Nagari Gunung Bungkuk  Doni Iskandar, pihaknya  menyambut positif terbukanya jalan usaha tani yang menghubungkan dengan nagari tetangganya,  sebelumnya  juga sudah dilakukan pelaksanaan pembangunannya yang ada dalam wilayah nagarinya menuju batas dengan  nagari bertetangga.

"Berkat adanya kebersamaan membangun,akhirnya akses perhubungan  nagari Gunung Bungkuk dengan nagari Ampuan berjalan lancar," kata Doni Iskandar.

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube