Headline News

header-int

Masyarakat bangun tali bandar Tresier untuk pengairan air sawah untuk peningkatkan hasil produksi padi sawah

Rabu, 15 Mei 2019, 13:28:39 WIB - 390 | Kontributor : M. Joni, S.H
Masyarakat bangun tali bandar Tresier untuk pengairan air sawah  untuk peningkatkan hasil produksi padi sawah

Pesisir Selatan, 15 Mai 2019- Dalam upaya peningkatan hasil produksi padi sebagai sumber perekonomian masyarakat di Nagari Gunung Bungkuk Kecamatan IV Jurai Pessel ,saat tengah menyelesaikan pembangunan saluran irigasi Tresisier ( tali bandar) sepanjang 385 meter, pembangunan tali bandar tersebut dikelola oleh anggota Perkumpulan Petani Pemakai Air ( P3A) untuk kebutuhan air sawah milik masyarakat.

Wali Nagari Gunung Bungkuk Doni Iskandar di ruang kantornya,Rabu ( 15/5) mengatakan, pembangunan tali bandar ini merupakan bantuan pemerintah melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera V tahun 2019 sebesar Rp 195 Juta, tali bandar tresier ini dapat mengairi lahan sekitar 10 hektar persawahan masyarakat.

Dengan rampungnya pembangunan tresier tersebut, kendala masyarakat terhadap ancaman kekurangan air sawah sudah dapat diatasi, diharapkan hasil produksi sawah yang ada di nagari itu dapat dimaksimalkan, kemudian pertumbuhan ekonomi masyarakat akan semakin membaik,pasalnya hasil produksi padi merupakan sebagai tulang punggung kehidupan masyarakat.

Pembangunan tali bandar tresier tersebut akan memberikan dampak positif terhadap masyarakat, selama ini para petani sering mengeluh akibat ancaman kekeringan air sawah, terutama ketika terjadi kemarau panjang,kondisi ini membuat hasil produksi padi tidak memadai, kini kendala masyarakat tersebut sudah dapat teratasi.

Salah seorang warga nagari Gunung Bungkuk Masrial 41 mengakui, salah satu mata rantai sumber kehidupan masyarakat berasal dari hasil komodity Karet dan pertanian padi sawah, sesuai dengan putensi alamnya yang dilengkungi daerah perbukitan artinya,hasil sektor pertanian dan perkebunan merupakan andalan ekonomi keluarga masyarakat setemat.( 10)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube