Headline News

header-int

Masyarakat Harus Waspadai Bencana Alam

Senin, 11 Januari 2021, 23:03:43 WIB - 30 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Masyarakat Harus Waspadai Bencana Alam

Pesisir Selatan -- Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.I.K mengharapkan warga agar tetap mewaspadai anomali cuaca dan bahaya bencana alam. Termasuk bersama – sama mengawasi aktifitas ilegal logging,jika ada perambahan hutan secara ilegal segera laporkan ke pihak polsek ataupun polres pessel, untuk nantinya akan kita tindak tegas.

” Mari kita jaga lingkungan kita, jangan sampai hal itu menyebabkan bencana, seperti banjir dan tanah longsor,” kata Sri Wibowo Senin (11/1) ketika meninjau langsung kelokasi longsor di kampung Langgai, Kecamatan Sutera 

Menurutnya ppenanganan musibah ini harus dilakukan bersama – sama dengan pihak Badan Penangulangan Bencana Daerah ( BPBD) dan Dinas terkait untuk segera penanganan cepat. Agar, aktifitas warga kembali normal.

Dan, untuk perambahan hutan atau ilegal logging Sri Wibowo telah memerintakan jajaran Kapolsek melakukan patroli wilayah, tindak tegas jika ada oknum pelaku ilegal logging.

” Sedikit bantuan dari Polres Pessel kita serahkan pada warga di Kampung Akad, minimal bantuan ini bisa membantu warga sedang mengalami cobaan banjir,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Badan Penanggunglagan Bencana Daerah (BPBD ) Pessel Herman Budianto Senin (11/1) mengungkapkan peningkatan intensitas hujan akan terjadi beberapa pekan kedepan ,untuk itu masyarakat harus tingkatkan kewaspadaan akan terutama masyarakat yang tinggal disepanjang perbukitan,pinggiran sungai. Bahaya longsor dan banjir akan selalu menghantui . 

"Karena itu kita menghimbau selalu waspada,jika memang meragukan menjauh dari lokasi dan pindah ketempat aman sementara guna menghindari kerugian materi dan nyawa ," ujarnya 

Ditambahkan himbauan juga disampaikan kepada nelayan sebab gelombang akan terjadi di beberapa perairan laut di pessel , sehingga nelayan waspada saat melaut terutama bagi nelayan tradisional  harus lebih ditingkatkan karena kondisi cuaca sewaktu – waktu bisa berubah.

Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan melalui BPBD Pessel telah menyiagakan personil Rescue, dan menghimbau kepada camat , wali nagari bisa memberikan himbuan kepada para nelayan di wilayahnya untuk memperhatikan kondisi cuaca. Yang setiap jam bisa berubah.

Mendukung operasional anggota Rescue BPBD Kabupaten Pesisir Selatan,(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2021 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube