Headline News

header-int

Masyarakat Nagari Kapelgam kecamatan Bayang Pessel bangun jalan rabat beton

Rabu, 12 Desember 2018, 05:49:02 WIB - 517 | Kontributor : M. Joni, S.H
Masyarakat Nagari  Kapelgam kecamatan Bayang Pessel  bangun jalan rabat beton

Pesisir Selatan,Desember 2018- Masyarakat nagari Kapelgam Kecamatan Bayang Pessel telah berhasil melakukan perampungan pembangunan jalan rabat beton dalam lingkungan nagari, kemudian pembangunan jalan usaha tani menuju daerah perkebunan rakyat melalui dana nagari 2018, kata wali nagari Dariasman di Painan ,Selasa (11/12).

Menurutnya, pada tahun 2018 ini juga dilaksanakan pembangunan jalan lingkar Lubuk Gambir dari Simpang SMP Muhammadiyah menuju Kampung Ikua Koto, jalan baru ini sebagai pengembangan wilayah pemukiman masyarakat, kemudian untuk memudahkan transportasi bagi masyarakat petani di daerah itu.

Salah seorang masyarakat nagari Kapencong Ari mengakui, terlaksananya pembangunan jalan di lingkungan kenagarian Kapelgam Kecamatan Bayang Pessel,kondisi ini sangat memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat. Dengan adanya jalan yang dibangun oleh pemerintahan nagari melalui dana nagari dan dana Pokok-pokir( Pokir) anggota dewan, hal ini sangat membantu masyarakat di nagari tersebut.

Ari juga menjelaskan,berbagai pembangunan terus dikembangkan di nagari Kapelgam, kemudian informasi dari wali nagari Dariasman, pada 2019 akan dikerjakan kelanjutan pembanguan kantor wali nagari yang terbengkalai, keberadaan kantor tersebut merupakan kebutuhan masyarakat ketika berurusan dengan pemerintahan nagari serta memberikan kemudahan pelayanan terhadap masyarakat.

Masyarakat sangat mendambakan sebuah jembatan yang menghubungkan Kampung Kapencong dengan nagari Kapujan, guna meringankan beban masyarakat agar tidak lagi mengunakan jalan melingkar melalui nagari Kubang yang jaraknya cukup jauh, bahkan mencapai sekitar lima kilo meter dari nagari Kapelgam.

Selama ini, Keterbatasan sarana perhubungan sangat dirasakan oleh masyarakat, terutama dalam masalah transportasi dari areal perkebunan menuju tempat kediamannya. Hasil bumi berupa karet, kopi , casiavera, coklat dan padi terpaksa harus dibawa dengan kepala. Tidak saja itu, masyarakat kesulitan dalam membawa jenazah untuk dimakamkan di daerah perbukitan yang lokasi berada di seberang sungai batang Bayang tersebut. ( 10)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube