Headline News

header-int

Masyarakat Nikmati Jembatan Gantung

Jumat, 04 Januari 2019, 11:44:09 WIB - 511 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Masyarakat Nikmati Jembatan Gantung

Pesisir Selatan 4/1/2018-- Akhirnya masyarakat Kampung Ranah Talawi dan Kampung Sei Tanuk Kenagarian Barung Barung Belantai Tengah Kecamatan Koto XI Tarusan memiliki jembatan gantung setelah puluhan tahun mereka harus mutar jalan sekitar 5 km dan harus mengeluarkan biaya tambahan cukup besar ketika mengangkut hasil panen ke pasar. 

Namun pada Senin (31/12) Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni meresmikan jembatan gantung di atas Sungai penghubung kedua kampung tersebut masyarakat tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan dan bisa memperpendek jarak ketika mau ke jalan raya dan pasar. 

 "Pembangunan jembatan ini diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat karena akses telah dipersingkat dengan jembatan ini. namun memang jembatan gantung tetaplah akses sementara. Apabila semua memungkinkan dan anggarannya ada, bisa jadi akses itu ditingkatkan jadi jembatan permanen," ujarnya

Walinagari BBB Tengah Aidil Usman mengungkapkan jembatan yang terdahulu telah ambruk semenjak 10 tahun lalu karena di hantam banjir dan luapan aliran sungai Batang Tarusan . Semenjak jembatan tersebut ambruk maka masyarakat harus memutar ke arah utara dan timur untuk bisa sampai ke Kampung tentangga.

"Bahkan untuk mengangkut hasil tank warga harus mengeluarkan biaya tambahan karena jauhnya jarak . Bahkan jika warga yang ingin mempendek jarak maka warga akan menyeberangi aliran sungai dan tentu ini sangat beresiko," ujarnya 

Ditambahkannya pembangunan jembatan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat baik yang berada di nagari maupun dari perantau yang cukup antusias agar warga kedua kampung ini bisa menikmati jembatan sehingga warga tidak kesulitan terutama ketika mau ke pasar atau membawa hasil tani mereka.  

"Kita sangat apresiasi penuh dukungan semua pihak sehingga pembangunan ini bisa selesai dengan swadaya masyarakat yang sangat tinggi," ujarnya 

Dijelaskan untuk pembangunan jembatan ini mengunakan alokasi dana APBD mencapai Rp 600 juta lebih. Walinagari sangat berharap masyarakat mampu memelihara jembatan ini sebab untuk sekian tahun diharapkan agar bisa dibangun baru sekarang didapatkan (07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube