Headline News

header-int

Masyarakat Olah Lahan Tidur Untuk Ditanami Jagung

Senin, 09 September 2019, 20:33:31 WIB - 305 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Masyarakat Olah Lahan Tidur Untuk Ditanami Jagung

Pesisir Selatan -- Masyarakat Tani hendaknya dapat memanfaatkan lahan tidur yang selama ini terbengkalai untuk diolah dan ditananami dengan tanaman yang bisa membantu peningkatan ekonomi didaerah ini.

 Salah satu komoditi yang perlu untuk dilirik adalah komoditi jagung, yang kebutuhan pasar setiap tahunnnya meningkat, untuk itu masyarakat tani agar dapat  memafaatkan lahan yang ada menjadi lahan produktif yang tidak hanya terfokus degan tanaman padi saja akan tetapi juga dapat diselengi dengan  budidaya tanaman jagung karena produksinya cukup memilik profek cerah

Salah Seorang petani Jagung Yan ( 34) mengubah lahan tidur yang selama ini dibiarkannya untuk di olah menjadi tanaman Jagung.

  “Tanaman jagung   sangat cocok  dengan kondisi daerah  yang memiliki areal lahan yang cukup luas baik di dataran rendah maupun pada daerah perbukitan, untuk itu makanya saya mau merubah lahan tidurnya untuk ditanami jagung” ujarnya Senin(9/9)

 Menurutnya dengan adanya pembukaan lahan tidur untuk dikelola menjadi lahan produktif bisa menjadi ispirasi bagi petani lainnya untuk mengolah lahan tidur mereka,

“Kepada masyarakat harus memiliki tekad untuk dapat keluar dari keterpurukan dan ketertinggalan  dan salah satu faktor untuk mencapai keberhasilan seseorang tidak terlepas dari usaha kerja keras didalam menggarap potensi yang ada menjadi produktif seperti lahan pertanian jangan dibiaran tidur dan terlantar.

Produksi jagung di daerah Pessel  nampaknya setiap tahun mengalami  peningkatan   pesat. Dikabupaten Pesisir Selatan lahan tanaman jagung ada seluas 9 ribu hektar  lebuh dengan produksi rata-rata  6,5 ton per-hektar. (07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube